Atasi Permasalahan Kutu Rambut dengan Ramuan Herbal

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh anak kecil hingga orang dewasa adalah tertular kutu rambut. Kutu ini cukup merugikan karena bisa berkembang biak serta menular dengan cepat. Kutu akan hidup di kepala manusia dan menimbulkan rasa gatal akibat air liur yang dihasilkan oleh kutu.

kutu rambut
foto: Pertanianku

Ciri-ciri orang yang sudah tertular kutu rambut sangat mudah diidentifikasi. Ia akan merasakan ada sesuatu yang bergerak di sekitar rambut, ditemukan kutu di kulit kepala, ditemukan telur kutu di batang rambut, dan jika terinfeksi akan merasa nyeri. Penyebaran kutu dapat terjadi ketika seseorang menggaruk kepala atau rambut yang bersentuhan dengan benda seperti sisir, topi, bantal, dan handuk.

Sudah banyak cara tradisional untuk menghilangkan kutu rambut, mulai dari menggunakan minyak kayu putih hingga obat pembasmi kutu. Apabila Anda ingin membasminya dengan obat herbal, simak ulasan resep-resep ramuan herbal tersebut di bawah ini.

Kulit buah lerak

Siapkan kulit buah lerak yang didapatkan dari 12 buah lerak dan 2 gelas air panas. Rendam kulit buah lerak selama tiga jam di dalam air panas yang berada di panci tertutup. Setelah itu, gunakan ramuan untuk keramas, lalu bungkus kepala dengan handuk. Lakukan perawatan ini setiap satu kali sehari hingga kutu menghilang.

Dan ganteng peujit

Siapkan daun ganteng peujit dan air secukupnya. Cuci bersih daun, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk keramas. Lakukan perawatan secara berulang hingga seluruh kutu yang ada di rambut mati.

Biji srikaya

Siapkan ½ cangkir biji srikaya, brotowali sebesar 2 jari, rimpang dringo 2 jari, minyak kelapa 4 sendok makan, dan minyak jarak 2 sendok makan. Campur seluruh bahan yang sudah disiapkan, lalu peras. Gunakan perasan ramuan untuk dioles ke seluruh bagian kepala secara merata, lalu bungkus dengan handuk. Lakukan perawatan ini sebanyak 1 kali sehari.

Baca Juga:  Atasi Asam Urat dengan Buah Adas