Atasi Radang Kuku pada Kambing dengan Cara Ini

Pertanianku Radang kuku pada kambing adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke kuku melalui luka sehingga dapat meningkatkan infeksi pada bagian kuku. Penyebab utama radang kuku, yaitu bakteri Sphaerophorus necrophorus. Penularan bakteri ini melalui pakan atau minum, kotoran, peralatan yang digunakan, lingkungan terkontaminasi, dan melalui kontak langsung.

Radang kuku pada kambing
Foto: Pixabay

Gejala radang kuku pada kambing

Gejala dan ciri-ciri radang kuku pada kambing, umumnya diawali dengan kaki pincang, panas dan sakit bila kuku disentuh. Mula-mula kuku bengkak dan mengelupas, lalu tumbuh benjolan yang menimbulkan rasa sakit. Pergerakan lambat atau tidak agresif serta nafsu makan menurun sehingga produksi daging dan susu menurun.

Loading...

Mengeluarkan cairan darah pada luka, bila berlanjutan akan mengeluarkan nanah, bahkan mengakibatkan kelumpuhan dan kesulitan untuk berjalan.

Cara mengatasi dan mengobati radang kuku

Pengendalian yang harus Anda lakukan di antaranya menjaga kebersihan kandang, tempat pakan dan minum, peralatan yang digunakan, dan peternak. Usahakan membuat ventilasi, agar terkena sinar matahari secara langsung. Hindari penggunaan kambing tidak seragam. Hindari penggunaan pakan hijauan yang terlalu basah. Pilih anakan unggul dan sudah terseleksi dengan baik.

Sementara itu, jika kambing sudah terserang penyakit, lakukan pemotongan kuku pada ternak, kemudian siram dengan alkohol agar kuman dan bakteri terinfeksi mati. Perban bagian kaki tersebut dan hindari kambing pada tempat yang lembap dan kotor.

Lakukan pemotongan kuku terinfeksi dengan pisau atau gunting, kemudian obati dengan antiseptik misalnya larutan formaldehid 10—20 persen. Lalu, obati juga dengan salep sulfatizol dan perban bagian yang terinfeksi radang kuku.

Baca Juga:  SOP Persiapan Kandang yang Benar untuk DOC Ayam Kampung
Loading...
Loading...