Atasi Sakit Telinga dengan Anggrek Tanah

Pertanianku — Anggrek tanah atau Spathoglottis plicata sering disebut sebagai anggrek sothel oleh orang Jawa. Tanaman ini bisa digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Anggrek tanah bisa digunakan untuk mengatasi sakit telinga yang sedang dialami.

sakit telinga
foto: Trubus

Khasiat anggrek tanah untuk mengatasi sakit telinga disebabkan oleh kandungan yang ada di dalamnya. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit telinga adalah umbinya karena umbi anggrek mengandung senyawa polifenol. Kandungan polifenol juga bisa ditemukan di dalam daun.

Namun, meskipun daun anggrek mengandung senyawa polifenol, bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal hanyalah umbi tanaman.

Anggrek merupakan herba semusim yang dapat tumbuh hingga setinggi 1 m. Berbatang bulat, lunak, dan agak sedikit berbulu. Ada bagian batang yang berada di dalam tanah membentuk seperti umbi.

Daun tanaman merupakan daun tunggal yang berbentuk lonjong, panjangnya mencapai 5—8 cm, dan bagian ujungnya meruncing. Bunga tanaman majemuk berbentuk tandan dan terdapat di bagian ujung batang. Tangkai bunga silindris dengan panjang mencapai 40—50 cm dan berwarna hijau.

Tanaman ini memiliki buah berbentuk lonjong, berwarna kuning pucat dengan biji bulat kecil dan berwarna putih kehitaman.

Penyakit yang bisa diatasi oleh tanaman ini hanyalah sakit telinga. Cara mengolah tanaman anggrek tanah menjadi obat sakit telinga cukup mudah. Anda hanya perlu menumbuk bagian umbi yang masih segar hingga lumat. Selanjutnya, peras umbi dan gunakan air perasan tersebut untuk diteteskan pada bagian telinga yang sakit.

Anggrek tanah merupakan tanaman hias yang sudah terkenal di Indonesia karena kecantikannya. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman penutup tanah, pembatas, dan penarik perhatian karena bunganya berwarna ungu yang mencolok. Ternyata, di balik keindahannya, anggrek tanah menyimpan manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan telinga.

Baca Juga:  Penyebarluasan Informasi Iklim untuk Mendukung Budidaya Hortikultura

Hingga saat ini belum ditemukan literatur yang membahas efek samping dari penggunaan obat herbal yang berasal dari anggrek. Namun, jangan gunakan obat herbal ini secara berlebihan dan sembarangan. Gunakan obat secukupnya saja hingga rasa sakit di kuping sudah menghilang.