Atasi Serangan Aeromonas hydrophila pada Ikan Lele dengan Daun Sirih

Pertanianku — Jika Anda melihat bercak merah pada permukaan kulit lele yang berkembang menjadi borok, Anda harus segera waspada, bisa jadi ikan lele sedang terkena serangan bakteri Aeromonas hydrophila. Bakteri ini sangat ditakutkan oleh pembudidaya karena menyebabkan kematian massal dalam kurun waktu yang singkat.

bakteri Aeromonas hydrophila
foto: Pertanianku

Borok yang berada di permukaan kulit lele akan berkembang menjadi semakin parah membentuk gelombang nanah yang besar di bagian bawah perut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan ikan lele kehilangan nafsu makan sehingga tubuh menjadi lebih lemas.

Pencegahan bakteri Aeromonas hydrophila dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi air dan kolam serta desinfeksi peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, berikan campuran antibiotik oksitetasklin dengan dosis 50 mg/kg ikan selama satu pekan. Serangan bakteri tersebut juga dapat diatasi dengan pemberian vaksin Hidrovac.

Penyakit ini dapat dikendalikan secara alami dengan ekstrak daun sirih. Melansir dari akun instagram @budidayakkp dalam daun sirih terkandung senyawa yang bersifat pembunuh bakteri dan penghambat bakteri. Kandungan tersebut berguna untuk mengendalikan bakteri Aeromonas hydrophila di dalam kolam.

Cara pembuatannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 5 kg daun sirih segar yang sudah dicuci dan ditiriskan. Setelah itu, daun dikeringkan dengan menggunakan oven selama 24 jam dengan suhu sekitar 50°C.

Daun sirih yang sudah kering dihaluskan dengan mesin pengering hingga menghasilkan simplisia butiran yang halus.

Ambil sekitar 100—200 gram simplisia daun sirih untuk diekstrak dengan metode perendaman ke dalam 2.000 ml etanol 96 persen selama 24 jam. Selanjutnya, simpan ekstrak di wadah tertutup dan letakkan di dalam lemari pendingin.

Setelah itu, hasil ekstrasi tersebut disaring dengan menggunakan screen net. Sisa etanol yang dihasilkan dari proses ekstrasi dapat diuapkan dengan menggunakan vakum evaporator.

Baca Juga:  KKP Gandeng DPLK BRI untuk Mempersiapkan Program Jaminan Hari Tua Nelayan

Ekstrak sirih harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Ekstrak sirih sebanyak 10 gram dilarutkan dengan 500 ml air, lalu aduk hingga rata. Ramuan tersebut dapat disemprot dan diaduk secara merata ke dalam 1 kg pakan. Diamkan selama 2—3 menit sebelum pakan diberikan pada ikan lele.

 

 

 

 


loading...