Atasi Serangan Kumbang Bubuk dengan Lada Hitam

Pertanianku Kumbang bubuk sering kali ditemukan pada beberapa komoditas pertanian, salah satunya adalah jagung. Hama ini kerap menyerang benih jagung yang sedang disimpan di dalam gudang. Benih yang sudah terserang akan mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sehingga menimbulkan kerugian bagi petani.

kumbang bubuk
foto: Pixabay

Serangan kumbang bubuk bisa menyebabkan dampak yang sangat fatal. Hal ini karena kumbang membuat biji jagung berlubang dan mudah hancur. Dengan begitu, biji jagung tidak bisa ditanam karena kualitasnya menurun.

Ada banyak cara yang bisa digunakan oleh petani untuk mengatasi serangan hama bubuk ini. Petani biasanya menggunakan pestisida yang banyak dijual di ­­e-commerce atau di toko-toko pertanian.

Namun, tahukah Anda bahwa kita bisa membuat pestisida sendiri dengan harga yang jauh lebih murah. Bahan yang dibutuhkan hanya buah lada hitam kering. Insektisida tersebut memang terbuat dari lada atau Piper nigrum. Insektisida lada hitam akan jauh lebih aman untuk tanaman karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat meninggalkan residu.

Lada hitam memang sudah terkenal sebagai insektisida nabati yang aman bagi tanaman. Hal ini karena lada mengandung senyawa aktif seperti saponin, flavanoida, minyak atsiri, kavisin, piperin, piperline, piperolaine, piperanien, dan piperonal.

Senyawa piperin yang terkandung di dalam lada bersifat repellent untuk kumbang bubuk karena dapat mengeluarkan rasa serta aroma pedas yang tidak disukai oleh kumbang. Senyawa tersebut dapat memengaruhi produktivitas dan kematian hama bubuk.

Pembuatan insektisida nabati dari lada hitam cukup mudah. Anda hanya memerlukan biji lada hitam yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari sebanyak 100 gram. Setelah kering, biji diblender hingga halus.

Insektisida lada hitam bisa diaplikasikan dengan cara ditaburi pada benih jagung atau diletakkan di dalam karung biji jagung.

Baca Juga:  Cara Alami Membasmi Hama Tikus

Ekstrak lada hitam dengan konsentrasi 1,45 mg/ml mampu membunuh 10 imago hama kumbang bubuk dalam kurun waktu 80 menit. Jika bubuk lada diaplikasikan sebanyak 1 gram per 100 gram biji jagung, dapat menurunkan kerusakan biji jagung dari 8 persen menjadi 3 persen.

 

 

 


loading...