ATM Pertanian Si Komandan Kini Hadir di Depok

Pertanianku — Belum lama ini Kementerian Pertanian melakukan soft launching ATM Pertanian Si Komandan untuk memudahkan distribusi bantuan pangan kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Jakarta Pusat. Selain di Jakarta, ATM Pertanian Si Komandan juga hadir di Kodim 0621 Cibinong dan Kodim 0508 Depok. Mesin tersebut bisa digunakan oleh warga untuk mengambil bantuan yang disalurkan.

ATM Pertanian Si Komandan
foto: pixabay

Pada 26 April 2020, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau dua lokasi mesin ATM tersebut di Kota Depok. Mentan ingin memastikan distribusi pangan yang diinisiasi oleh Kementan dapat berjalan dengan lancar, bisa membantu masyarakat di tengah wabah ini.

“Di sinilah peran pemerintah diuji. Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa negara harus hadir bagi rakyatnya,” kata Syahrul seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Loading...

Tak hanya merilis mesin tersebut, Kementan juga harus memastikan program berjalan dengan baik sehingga bantuan dapat berfungsi secara optimal membantu masyarakat. Seluruh bantuan pangan yang diberikan dari pihak pemerintah untuk saling membantu, terutama untuk rakyat yang membutuhkannya. Mengingat dampak wabah ini cukup besar, banyak pekerja yang dirumahkan dan banyak masyarakat kecil kehilangan pemasukan.

“Covid yang berdampak tidak hanya pada kesehatan tapi juga ekonomi. Seperti ketersediaan pangan yang tidak mampu,” ujar Syahrul.

Program yang diinisiasi oleh Kementan ini nantinya akan dikawal sepenuhnya oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) agar berjalan dengan baik.

“Mungkin ada di sekitar yang belum tersentuh bantuan dari pihak lain, inilah yang akan dibantu dengan ATM pertanian ini dan jika masih dibutuhkan bisa dikembangkan di wilayah lain,” jelas Syahrul.

Acara kunjungan tersebut juga diikuti oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI M. Saleh yang mengatakan TNI ikut serta bersama Kementan untuk melakukan kegiatan sosial ini. Kodim Depok merupakan salah satu Kodim yang ditunjuk oleh Kementan untuk ikut berkontribusi untuk mengelola pembagian beras ini. Kementan bersama TNI berkomitmen untuk membantu mengelola bantuan ini agar bisa disalurkan pada masyarakat prasejahtera.

Baca Juga:  KKP Salurkan Bantuan Benih Ikan Nila di Banda Aceh

Ada 1,5 ton beras yang dialokasikan untuk membantu 1.000 orang selama 2 bulan di Kodim Depok. Mentan juga melanjutkan kunjungan ke Kodim Cibinong untuk meninjau perkembangan program tersebut.

Loading...
Loading...