ATM Pertanian Sikomandan Guna Mempercepat Bantuan Pangan

Pertanianku — 22 April 2020 Kementerian Pertanian menggelar acara soft launching ATM Pertanian Sikomandan di Kodim 0501/JPBS Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

atm pertanian sikomandan
foto: pertanian.go.id

“Ini adalah sebuah bentuk panggilan di mana kita hadir di tengah-tengah situasi yang sedang dihadapi bangsa ini, apalagi pandemi Covid-19 telah menyerang seluruh dunia,” ujar Mentan seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

ATM Pertanian Sikomandan merupakan inovasi yang dibuat oleh Kementan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Nantinya, masyarakat bisa menggunakan mesin ini untuk mengambil bahan pangan yang sudah disediakan selama bulan puasa 2020.

Loading...

Hadir juga pada acara tersebut Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Menurutnya, keberadaan mesin ATM ini dinilai mampu membantu warga yang mengalami keterbatasan akses pangan selama masa pandemi berlangsung. Inovasi ini hadir sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk membantu menyediakan pangan bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Mentan memberikan bantuan berupa beras gratis kepada masyarakat di wilayah Gunung Sahari Kemayoran. Bantuan tersebut diberikan melalui mesin ATM Pertanian Sikomandan. Warga yang sudah terdaftar menerima bantuan bisa mengambil beras tersebut melalui mesin ATM.

“Bantuan ini kami berikan dengan mesin ATM, disebutnya ATM Pertanian Sikomandan, warga yang mendapat bantuan silahkan datang ke Kodim untuk mengambil beras lewat ATM,” kata Syahrul.

Nantinya, setiap hari masyarakat bisa mengambil beras sebanyak 1,5 kg per orang di mesin ATM yang sudah tersedia di 12 Kodim yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Stok beras gratis yang disediakan oleh pemerintah berjumlah 1,2 ton per hari.

Acara tersebut juga dihadiri oleh masyarakat yang datang dari berbagai kalangan, salah satunya Mulyanto (45) seorang kuli bangunan yang mengaku sangat senang dengan hadirnya mesin ATM tersebut. Harapannya, mesin tersebut bisa membantu para warga miskin untuk mendapatkan bantuan dengan cara yang lebih mudah.

Baca Juga:  Dirjen Hortikultura Luncurkan Lima Program Utama Daya Saing Produk Pertanian

“Sangat terbantu sekali dengan adanya mesin ATM beras gratis ini, setiap hari jadi kita tidak perlu khawatir dengan harus membeli beras apalagi sekarang situasi sedang sulit,” kata Mulyanto

Loading...
Loading...