Atur Aliran Air Kolam Nila


Pertanianku – Aliran air yang masuk harus disesuaikan dengan tinggi kolam. Jika tidak diatur, volume air yang masuk ke dalam kolam akan berlebih atau malah berkurang. Dalam pembesaran nila di kolam dalam, padat tebar tidak diukur dari luas kolam, tetapi diukur dari volume air kolam.

nila Larasati dalam kolam Rancabungur Nur 07062010 (16)

Dengan surutnya air kolam, kepadatan ikan di kolam menjadi tinggi. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kelangsungan hidup ikan. Meski tidak ada kebocoran pada pematang ataupun bagian lainnya (misalnya pintu pembuangan), air kolam bisa berkurang atau surut. Keadaan itu salah satunya disebabkan oleh sinar matahari. Sinar matahari yang bersinar dari pagi hingga sore hari dapat menguapkan air dalam kolam. Hal itubiasanya sering terjadi pada saat musim kemarau. Pada musim kemarau sinar matahari lebih terik daripada saat musim hujan.

Aliran air tidak hanya berfungsi untuk mempertahankan ketinggian air kolam, tetapi sangat penting untuk menyuplai oksigen. Ikan nila berbeda dengan ikan lele atau gurami yang memiliki alat pernapasan tambahan berupa labirin. Kedua ikan tersebut tidak hanya mengambil oksigen dari dalam air, tetapi bisa mengambilnya dari udara. Sementara itu, ikan nila hanya dapat mengambil oksigen dari dalam air, tidak dari udara karena tidak memiliki labirin.

Satu lagi yang penting dari fungsi aliran air, yaitu untuk membuang sisa pakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam. Jika tidak dikeluarkan, keduanya dapat menurunkan kualitas air dengan cepat. Endapan-endapan itu akan mengalami pembusukan. Proses pembusukan inilah yang dapat menjadi pemicu timbulnya racun, terutama amoniak (NH3). Keadaan yang demikian dapat menurunkan nafsu makan ikan, bahkan bisa Menimbulkan kematian.

Pada kolam air deras, biasanya sudah dilengkapi dengan pintu air pembuangan yangsudah terinstalasi berdasarkan tinggi air. Jadi, jika tinggi air melebihi batas yang diinginkan, air akan mengalir keluar dengan sendirinya. Selain itu, jika ingin mengeluarkan air, cukup mengangkat pintu air tersebut sehingga air akan keluar dengan deras dan pergantian air pun dapat dilakukan dengan cepat.

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor

 

Sumber: Buku 6 Jurus Sukses Pacu Pertumbuhan Nila Panen 60 kg/m

 

loading...
loading...