Awetkan Bahan Pakan dengan Mesin Pengering Tipe Rotary

Pertanianku — Bahan-bahan pakan seperti jagung, bungkil kedelai, dan lain-lain harus dilakukan untuk mengawetkan bahan pakan agar bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Pengawetan tersebut bisa dibantu dengan mesin pengering tipe rotary yang dikembangkan oleh Badan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan).

bahan pakan
foto: pertanianku

Bahan pakan yang basah dapat menyebabkan munculnya organisme lain seperti jamur aflatoxin pada jagung. Organisme tersebut cukup berbahaya karena bersifat karsinogenik sehingga bisa berdampak pada kondisi kesehatan hewan dan manusia yang mengonsumsi hewan tersebut.

Dalam proses produksi pakan dibutuhkan adanya mesin pengering mekanis yang berfungsi mengeringkan bahan produksi pakan serta produk pakan yang sudah jadi.

Loading...

Mesin pengering tipe rotary berfungsi mengeringkan bahan pakan yang akan diolah menjadi pakan ternak. Selain itu, mesin ini juga bisa digunakan untuk mengeringkan bahan pelet yang sudah dicetak agar bisa disimpan lebih lama.

Bentuk mesin pengering rotary yang sudah dikembangkan oleh BB Mektan berbentuk drum silinder yang terbuat dari bahan stainless steel. Mesin ini digerakkan oleh silinder pengering adalah motor listrik 5 Hp. Adapun pemanas yang digunakan dalam mesin ini adalah kompos gas LPG.

Mesin ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 7.150 mm, lebar 2.135 mm, dan tinggi 1.700 mm, serta dilengkapi dengan blower 3 inci. Bahan konstruksi yang digunakan adalah plat stainless steel dengan rangka dari besi hollow dan sistem transmisi yang menggunakan reducer rasio 60:1.

Alat pengering ini juga dilengkapi dengan pengukur suhu panas termokopel dan display suhu termokopel untuk memantau suhu yang sedang terjadi di dalam mesin pengering.

Pakan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh peternak. Oleh karena itu, ketersediaan pakan berkualitas merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh peternak.

Baca Juga:  Kementan Resmi Bekerja Sama dengan Bukalapak

Dengan adanya mesin ini diharapkan mampu mengawetkan bahan pakan sehingga terhindar dari jamur dan bakteri yang berbahaya bagi ternak. Selain itu, memperpanjang umur simpan bahan pakan di dalam gudang.

 

Loading...
Loading...