Ayam Kampung Bebas Penyakit dengan Manajemen Kesehatan yang Benar

Pertanianku Ayam kampung yang terkenal lebih kuat dari ayam broiler tetap memerlukan manajemen kesehatan yang tepat. Manajemen yang benar dapat melindungi ternak dari serangan penyakit sehingga usaha peternakan berjalan lancar. Berikut ini beberapa tindakan yang dapat mencegah ayam dari serangan penyakit.

ayam kampung
foto: Pertanianku

Sanitasi

Sanitasi adalah menciptakan lingkungan agar selalu bersih. Jadi, usahakan agar kondisi lingkungan kandang selalu bersih. Kondisi litter juga harus dibuat kering. Jika litter basah karena terkena air hujan dan lembap, litter harus segera diganti.

Air minum

Peternak harus menjaga kualitas air minum. Untuk itu, peternak bisa menambahkan probiotik pada air minum. Hal itu untuk menjaga kondisi badan ayam agar selalu prima.

Vitamin

Untuk mencegah stres, peternak bisa mencampurkan premix di dalam pakan. Premix yang biasa digunakan Topmix, Arsomix, Micromix 2000, Rhodimix 22, Rhodimix 273, Rhodimix CF3, dan Rhodimix 784.

Biosekuriti

Kebersihan kandang menjadi syarat mutlak agar ayam sehat dan berproduksi prima. Sebagai sarana pencegahan, hal yang paling ampuh adalah menerapkan biosekuriti. Hal itu dapat diterapkan dengan cara menyemprotkan disinfektan pada kandang dan lingkungan sekitarnya secara berkala. Disinfektan yang dapat digunakan antara lain Istam, Istam 20, Primadine, Pristam, dan Prophyl.

Vaksinasi ternak

Ayam yang dipelihara harus selalu sehat. Hal itu dapat dilakukan melalui vaksinasi secara teratur. Tentu saja, hal itu akan membuat ternak kebal terhadap penyakit berbahaya dan mematikan.

Program vaksinasi pada ayam kampung terutama dilakukan untuk pencegahan penyakit ND (Newcastle Disease). Vaksinasi dilakukan pada umur 4 hari (Kill+Lasota). Selanjutnya, setiap 4 bulan dilakukan ulangan dengan vaksin ND strain Lasota. Selain itu, vaksin Fowl Pox untuk pencegahan terhadap cacar ayam dilakukan umur 5 minggu. Adapun vaksin AI (gumboro) untuk pencegahan penyakit Avian Influenza dilakukan pada umur 12 minggu dan 34 minggu.

Baca Juga:  Dua Cara Mengawinkan Domba

Obat cacing

Obat cacing (Worm X) diberikan ketika ayam berumur 12 minggu. Program tersebut dapat dilakukan untuk ayam kampung pedaging ataupun ayam kampung petelur yang dipelihara dari DOC. Untuk ayam kampung pedaging yang dipanen pada umur relatif lebih muda (8–10 minggu), cukup dilakukan vaksinasi ND Kill + Lasota pada umur 4 hari. Antibiotik diberikan saat ayam sakit. Pemberian vitamin/obat herbal seperti temulawak dan kunyit dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.