Ayo, Mulai Konsumsi Kacang-Kacangan Jika Ingin Sehat!


Pertanianku – Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah keharusan bagi manusia. Banyak orang menjalani pola hidup sehat dengan cara yang berbeda setiap orangnya. Ada yang lebih memilih berolahraga secara rutin. Ada juga yang memilih mengonsumsi makanan kaya akan gizi. Ada pula yang melakukan keduanya.

Mengonsumsi makanan seperti buncis, kacang tanah, kacang polong, dan lentil diklaim bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebanyak 35%. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti yang tergabung dalam jurnal ilmiah Clinical Nutrition.

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi kronis yang memengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa) dan memengaruhi lebih dari 400 juta orang dewasa pada 2015 di seluruh dunia.

Seperti yang kita tahu, kacang-kacangan mengandung vitamin B serta berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, kalium, dan magnesium.

Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung serat dalam jumlah besar serta memiliki indeks glikemik rendah yang berarti bahwa tidak secara cepat meningkatkan kadar glukosa darah setelah konsumsi.

Menurut Nerea Becerra Tomas, peneliti dari University Rovira i Virgili di Spanyol, mengganti setengah porsi per hari makanan yang kaya protein atau karbohidrat termasuk telur, roti, nasi, dan kentang panggang dengan setengah porsi kacang-kacangan berhubungan dengan rendahnya risiko terkena diabetes tipe 2.

Karena kandungan gizinya yang tinggi, Badan Pangan Dunia (FAO) sejak 2016 lalu mencanangkan hari kacang internasional, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat gizi kacang-kacangan.

Baca Juga:  Ragam Menu Diet Keto, Dietnya Artis Hollywood
loading...
loading...