Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia Mati


Pertanianku — Sudan, satu-satunya badak putih utara jantan terakhir di dunia, mati. Di dunia ini kini hanya tersisa dua ekor betina badak dengan jenis tersebut.

badak putih utara
Foto: Google Image

Seperti dilansir CNN, Selasa (20/3/2018), selama beberapa hari terakhir, kondisi kesehatan Sudan (nama badak putih utara jantan) memburuk. Badak berusia 45 tahun itu sakit-sakitan karena faktor usia dan infeksi.

Sudan mengalami infeksi sejak tahun lalu. Dia sempat sembuh dari infeksi pada Januari 2018 dan bisa merumput kembali. Namun, tim ahli kembali menemukan infeksi di tubuh Sudan pada Februari 2018. Usia 45 tahun memang tergolong tua untuk ukuran badak.

Sebelumnya, kelompok konservasi WildAid mengumumkan bahwa kondisi kesehatan Sudan makin merosot. Akhirnya, tim dokter hewan memutuskan untuk menyuntik mati badak tersebut.

Di hari-hari terakhir hidupnya, Sudan tetap berada di Konservasi Ol Peteja di Kenya. Keberadaannya dijaga oleh petugas bersenjata. “Kami berharap dunia belajar dari kepergian Sudan dan memberi perhatian khusus untuk mengakhiri perdagangan cula badak,” kata CEO WildAid, Peter Knights.

“Di saat harga cula badak turun di Cina dan Vietnam, perburuan cula masih mengancam semua spesies badak,” tambah dia.

Selain Sudan, di dunia kini hanya tersisa 2 badak putih utara. Namun keduanya berjenis kelamin betina.

Baca Juga:  Burung Punya Kompas di Mata Agar Tidak Tersesat
loading...
loading...