Bagaimana Cara Agar Ternak tidak Mudah Sakit? Yuk, Intip Tipsnya!


PertaniankuAnimal welfare atau kesejahteraan ternak intinya memperlakukan ternak dengan nyaman dan penuh kasih sayang. Dengan kata lain, kesehatan ternak perlu kita perhatikan. Nah, kira-kira bagaimana cara agar ternak tidak mudah sakit sehingga bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal?

cara agar ternak tidak mudah sakit
Foto: SHutterstock

Kunci kesehatan ternak ada 6 poin yakni pakan, air minum, udara, tempat istirahat, dan ruang. Lakukan pengamatan, pahami gerak-gerik ternak, buat standard operational procedure (SOP) untuk teknis. Kemudian, buat perencanaan pencegahan dan perencanaan perlakuan. Selain itu, ketahui dan catat risiko atau kemungkinan yang membuat rugi, tandai apa saja yang menjadi sukses faktor Anda, kelola kelemahan Anda dan pastikan selalu bertambah baik.

Jika memerhatikan enam poin yang disebutkan, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Pakan

Selalu tersedia 24 jam di palung pakan. Bebas dan mudah diakses kapan pun. Pastikan lengkap nutrisi termasuk mineral dan vitamin. Palung pakan selalu dibersihkan, sehari sekali. Pastikan pakan tidak gonta-ganti dan harus berkualitas.

2. Air minum

Pastikan air minum untuk ternak bersih dan segar, serta tersedia dalam 24 jam. Bebas diakses kapan pun dan pastikan tempat minum bersih.

3. Cahaya

Kebutuhan cahaya untuk ternak idealnya tersedia 200 lux selama 16 jam.

4. Udara

Terkait sirkulasi udara kandang ternak, kandang harus terbuka agar udara bisa masuk dengan mudah. Pastikan kandang tidak terlalu panas.

5. Tempat istirahat

Anda harus memerhatikan tempat istirahat yang nyaman agar ternak tidak gelisah atau stres sehingga pertumbuhannya bisa berjalan dengan sempurna.

6. Ruang

Pastikan ruang yang digunakan sebagai kandang cukup untuk menampung semua ternak yang Anda miliki. Jangan terlalu berdesakan agar ternak memiliki gerak yang bebas.

Baca Juga:  Penggemukan Ternak Sapi dengan Cara Modern
loading...