Bagian-bagian Rumah Kumbung Jamur

Pertanianku — Rumah jamur disebut sebagai rumah kumbung. Pembuatan rumah kumbung jamur tidak bisa dilakukan sembarangan. Bahan yang digunakan serta konstruksi rumah harus benar-benar diperhatikan agar tercipta lingkungan yang ideal untuk jamur tumbuh. Berikut ini bagian-bagian rumah kumbung.

rumah kumbung jamur
foto: pertanianku

Atap

Atap rumah kumbung berfungsi melindungi jamur dari sengatan sinar matahari secara langsung. Atap rumah harus dibuat bertingkat agar sirkulasi udara di dalam rumah dapat berjalan lancar. Sirkulasi udara yang lancar dapat mencegah kenaikan suhu di dalam rumah. Jika lebar kumbung yang dibangun kurang dari 8 meter, model kumbung bisa menggunakan model atap rumah.

Semakin jauh jarak atap dengan rak jamur, akan semakin baik karena sirkulasi udara berjalan lebih lancar dan lebih mudah dikontrol. Hindari bahan yang dapat menyerap panas karena dapat menaikkan suhu udara di dalam kumbung.

Dinding

Bahan yang digunakan untuk dinding kumbung harus dipertimbangkan baik-baik, mulai dari aspek ekonomi hingga aspek daya tahan bahan. Pasalnya, tidak semua jenis bahan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak semua bahan yang digunakan murah serta mudah dipasang. Setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Jendela

Rumah kumbung juga harus dilengkapi dengan jendela untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap berjalan lancar. Jendela juga dapat menjaga tingkat suhu dan kelembapan di dalam kumbung. Jendela bisa dibuat dari anyaman bambu yang dipadukan dengan jaring atau kombinasi anyaman bambu dengan plastik.

Lantai

Lantai rumah bisa ditutup dengan semen atau dibiarkan begitu saja. Lantai kumbung yang terbuat dari tanah bisa membuat biaya pembuatan menjadi lebih murah, tetapi rawan banjir ketika musim hujan. Lantai yang disemen dapat memudahkan petugas dalam menjaga kebersihan rumah kumbung.

Baca Juga:  Kementan Beri Bantuan Saprodi untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Singkong

Lantai di bagian ruang antar rak sebaiknya juga ditutup dengan semen. Lantai kumbung harus dijaga untuk tetap bersih agar terhindar dari bakteri patogen.

Rak

Rak digunakan untuk meletakkan jamur-jamur budidaya. Ada tiga jenis rak yang dapat digunakan, yaitu rak untuk baglog yang disusun vertikal, rak untuk baglog yang disusun horizontal, dan rak gantung.

 

 

 

 

 


loading...