Bagian Burung Puyuh yang Bisa Dimanfaatkan Selain Daging dan Telur

Pertanianku — Meskipun tren burung puyuh tidak setinggi hewan unggas lainnya, ternyata ada banyak bagian burung puyuh yang bisa dimanfaatkan selain daging dan telur. Yang dibutuhkan adalah inovasi serta pengetahuan yang luas mengenai cara mengelola usaha. Selain daging dan telur, bagian bulu hingga kotoran burung sebenarnya memiliki manfaat yang bisa mendatangkan keuntungan.

bagian burung puyuh
foto: pertanianku

Telur

Telur puyuh merupakan bahan pangan yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Kandungan gizi telur puyuh tidak kalah dengan telur unggas lainnya. Rasanya pun cukup lezat dan bisa diolah menjadi menu masakan apa saja.

Loading...

Daging

Daging puyuh kini sudah mulai diminati oleh masyarakat, meskipun masih cukup jarang rumah makan atau restoran yang menyajikan menu daging puyuh. Hanya beberapa restoran tertentu yang menyajikannya. Padahal, rasa daging puyuh enak dan gurih, nilai gizinya juga cukup tinggi.

Kotoran

Bau kotoran burung puyuh lebih menyengat dibanding kotoran unggas lainnya. Apalagi, jika burung puyuh diberikan pakan yang berkadar protein tinggi. Kotoran burung puyuh ternyata juga bisa dijadikan pupuk yang sangat baik untuk tanah dan tanaman. Kotoran puyuh juga bisa dijadikan campuran dalam bahan makanan konsentrat untuk peternak.

Kotoran puyuh harus diambil setiap hari karena burung ini merupakan hewan yang banyak mengeluarkan kotoran. Kotoran yang sudah dikumpulkan, lalu dijemur hingga kering. Setelah kering, giling atau tumbuk halus agar mudah dicampur ke dalam pakan ternak.

Bulu

Bulu puyuh yang berasal dari jenis Rollulus roulroul, Gambels Quail, atau Blue brested quail terkenal memiliki warna yang bagus dan bisa dikumpulkan untuk dijual. Kumpulkan bulu yang halus dan berukuran besar, biasanya didapatkan dari bagian dada dan punggung. Setelah dikumpulkan, jemur hingga sampai agak mengering. Bulu puyuh bisa dijual kepada pengrajin yang melukis dari bulu puyuh atau dijadikan sebagai isian bantal pengganti kapuk.

Baca Juga:  Mengetahui Kandang Ideal untuk Kambing

Bulu puyuh juga bisa dijadikan campuran pakan ternak karena memiliki protein serta kaya akan asam amino esensial. Namun, jika ingin digunakan sebagai pakan ternak, bulu harus diproses terlebih dahulu.

 

 

Loading...
Loading...