Bagian Daging Sapi Berdasarkan Kebutuhan Kuliner

Pertanianku — Sering kali ketika ingin membeli daging sapi, pembeli merasa bingung untuk menentukan bagian daging sapi yang harus dipilih. Pasalnya, tiap bagian daging sapi memiliki kelebihan tersendiri sehingga perlu dimasak dengan cara yang benar agar enak. Misalnya, bagian paha depan dapat diolah menjadi semur dan rendang, tetapi bagian daging lamusir tidak bisa diolah menjadi semur.

bagian daging sapi
foto: Pixabay

Kesalahan dalam memilih bagian daging merupakan langkah awal dari kegagalan karena mungkin saja hasil yang akan didapatkan tidak sesuai dengan keinginan.

Umumnya, bagian daging sapi terbagi menjadi daging punuk, lamusir, has dalam, has luar, penutup, tanjung, pendasar/gandik, sengkel, samcan, daging iga, sandung lamur, daging kelapa, dan daging paha depan. Berikut ini ulasan lebih jelas mengenai bagian daging sapi yang disesuaikan dengan menu olahan untuk kuliner.

Daging punuk

Bagian daging punuk sering disebut dengan blade. Bagian ini cocok diolah menjadi empal, semur, sup, kari, abon, dan rendang.

Daging paha depan

Paha depan sering disebut chuck, bagian ini sering diolah menjadi semur dan rendang. Selain kedua jenis kuliner tersebut, paha depan juga bisa Anda olah menjadi empal, sup, kari, dan abon.

Daging lamusir

Daging lamusir (cub roll) juga bisa diolah menjadi rendang dan empal. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi bistik dan sukiyaki. Apabila Anda pernah mendengar sate sapi, kuliner tersebut mengandalkan bagian lamusir ini.

Has luar

Bagian has luar terkenal dengan sebutan sirloin. Pencinta daging pasti tahu bagian ini lebih cocok diolah menjadi bistik. Anda juga bisa mengolah sirloin menjadi rolade.

Has dalam

Has dalam dikenal dengan sebutan tenderloin atau fillet. Bagian ini sering diolah dengan cara grill dan steak. Namun, Anda juga bisa mengolahnya menjadi sate sapi dan sukiyaki.

Baca Juga:  HPDKI Siapkan Hewan Kurban Bebas PMK

Tanjung dan penutup

Bagian tanjung dan penutup cocok diolah menjadi empal, rendang, dendeng, bakso, bistik, dan abon.

Pendasar/gandik

Bagian yang sering disebut silver side ini cocok diolah menjadi bistik, empal, dendeng, bakso, dan abon.

Daging kelapa

Daging kelapa atau inside cocok diolah menjadi kornet, sate, daging giling, sup, dan rawon.

Sengkel

Sengkel atau shank termasuk salah satu bagian daging sapi yang terkenal. Ternyata, bagian ini cocok diolah menjadi semur, sup, rawon, dan empal.

Samcan

Samcan atau flank yang terletak di bagian ambing sapi cocok diolah menjadi kornet, sate, daging giling, sup, dan rawon.

Daging iga

Siapa yang tidak kenal daging iga, bagian ini cocok diolah menjadi kornet, rolade, rawon, sup, dan roast.

Sendang lamur

Bagian terakhir yang juga cukup terkenal ini cocok diolah menjadi kornet, rolade, rawon, dan sup.