Bagian Pohon Kelapa yang Sering Dianggap Limbah

Pertanianku — Kekayaan alam tidak pernah ada habisnya jika kita terus berinovasi dengan benda-benda yang ada di sekitar. Bahkan, bagian tanaman yang selama ini dianggap limbah kelapa masih bisa diolah kembali menjadi barang berguna dengan sentuhan kreativitas dan kemauan. Misalnya saja, bagian-bagian dari pohon kelapa yang sering dianggap sebagai limbah.

limbah kelapa
foto: Pixabay

Petani paling sering hanya memanfaatkan buah kelapa untuk dikonsumsi atau diolah menjadi produk lain. Sementara itu, bagian-bagian lainnya kurang begitu diperhatikan sehingga lebih sering berakhir menjadi sampah. Berikut ini manfaat dari beberapa bagian dari pohon kelapa yang masih bisa Anda manfaatkan kembali.

Seludang

Seludang atau pembungkus bunga kelapa yang berbentuk menyerupai kerucut dan bisa terbuka ini dapat Anda olah menjadi tempat saji makanan, tempat permen, tempat pot pouri atau ikebana, tempat lampu, pajangan rumah, dan sebagainya.

Sulur kelapa (batang bunga)

Sulur kelapa yang sudah mengering memiliki bentuk yang etnik, tidak beraturan, natural, dan cocok digunakan untuk membuat tas sehingga kerajinan tas yang dihasilkan terlihat lebih natural. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan sulur batang untuk membuat pajangan dinding, pemanis buku agar terlihat lebih natural, dan sebagainya.

Serabut kelapa

Serabut kepala yang tidak berwarna hitam dapat Anda olah kembali menjadi kerajinan tangan. Serabut tersebut perlu dikeringkan terlebih dahulu, kemudian disayat-sayat atau dipisahkan bagian dalamnya, lalu dikumpulkan sesuai dengan ukuran sayatannya.

Batok kelapa

Batok kelapa dapat diolah menjadi aksesoris/pemanis, pernik-pernik rumah, tempat lilin, tempat makan, dan sebagainya. Pilihlah batok dengan corak yang menarik, lalu keringkan. Batok kelapa perlu dibersihkan terlebih dahulu serabutnya dengan mesin gerinda agar terlihat lebih bagus.

Kayu pohon kelapa

Kayu pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat mangkuk makanan, aksesoris, tasbih, dan sebagainya. Limbah kayu juga dapat digunakan untuk membuat hiasan frame foto, kap lampu, kotak kemasan, dan sebagainya. Limbah tersebut harus dikeringkan di bawah sinar matahari terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tips Menanam Avokad di Pot

Janur kelapa

Daun kelapa yang masih muda perlu dikeringkan terlebih di bawah sinar matahari dahulu sebelum dirangkai menjadi janur kelapa.

Lidi

Lidi dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat bunga imitasi, lampu, pajangan rumah, dan sebagainya.