Bahan-bahan di Dapur yang Bisa Mengatasi Hama Semut

Pertanianku — Masih banyak petani pemula yang tidak menyadari bahwa kehadiran semut pada tanaman mereka bisa menjadi pertanda buruk karena semut bisa menyerang tanaman secara tidak langsung. Hama semut hidup secara berkoloni dan dapat menjadi media pembawa penyakit.

hama semut
foto: Pixabay

Sebenarnya, cara mengendalikan hama semut tidak begitu sulit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur untuk mengatasi serangan hama yang tidak terkendali, seperti cuka, melon, jus lemon, bubuk kopi, bubuk lada, dan garam dapur. Oleh karena itu, jangan gunakan bahan-bahan kimia dulu karena semut bisa diusir dengan mudah menggunakan bahan alami.

Berikut ini cara mengusir hama semut dengan bahan-bahan sederhana.

Garam dapur

Garam dapur bisa digunakan untuk mengusir semut yang berada di tanaman. Caranya dilakukan dengan menaburkan pada bagian tanaman yang terserang hama semut. Cara lainnya ialah membuat larutan garam yang disemprotkan ke bagian tanaman.

Bubuk lada

Lada sangat sering digunakan sebagai bumbu masakan yang bisa menambahkan cita rasa sedikit pedas pada masakan dan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Lada juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu menaburkan bubuk lada ke bagian tanaman yang sudah terserang atau dilarutkan dengan air agar mudah disemprotkan ke bagian tanaman tertentu.

Bubuk kopi

Bagi penyuka kopi, Anda pasti memiliki bubuk kopi sendiri di rumah. Bubuk kopi tersebut bisa digunakan untuk mengatasi serangan semut karena semut diketahui membenci kopi meskipun alasan mengapa semut tidak menyukai kopi masih belum diketahui. Namun, coba Anda perhatikan sangat jarang semut yang mau mendekati bubuk kopi.

Penggunaan kopi sebagai pengusir hama semut kopi sangat mudah. Anda hanya perlu menaburkannya pada bagian yang terserang hama.

Baca Juga:  Pengendalian Hama Terpadu (PHT) Tanaman Pepaya

Cuka

Cuka merupakan senyawa organik yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada makanan. Cuka yang sangat asam dan berbau menyengat sangat tidak disukai oleh semut. Anda bisa menggunakan cuka untuk mengusir kerumunan semut. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengusir semut dari tempat budidaya.


loading...