Bahan-bahan ini Bisa Menghilangkan Panas Cabai pada Tangan

Pertanianku — Mengupas, mengiris, dan mencuci cabai dalam jumlah banyak bisa membuat tangan terasa pedas. Sensasi pedas ini disebabkan oleh zat kapsaisin yang terdapat pada cabai. Berikut ini cara menghilangkan panas cabai yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sensasi pedas tersebut.

menghilangkan panas cabai
Foto: freepik

Minyak

Minyak yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan panas cabai pada tangan antara lain minyak kelapa dan minyak zaitun. Kedua jenis minyak ini bisa melarutkan zat kapsaisin.

Loading...

Penggunaan minyak untuk menghilangkan panas cabai bisa dilakukan dengan meneteskan minyak pada tangan. Kemudian, gosok perlahan hingga panasnya mereda. Ulangi terus hingga panas berkurang.

Sabun cuci piring

Sabun cuci piring juga bsia digunakan untuk menghilangkan panas cabai. Sabun jenis ini lebih efektif ketimbang sabun cuci tangan. Caranya dengan mencuci bagian yang panas dengan sabun seperti cuci tangan biasa. Lakukan cara ini berulang hingga panas yang ditimbulkan cabai mereda.

Baking soda

Bahan tambahan dalam pembuatan kue ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan panas cabai. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Pertama, Anda harus membuat pasta dari bubuk berwarna putih ini. Campurkan sedikit air dengan baking soda secukupnya dan aduk perlahan hingga membentuk pasta.

Oleskan baking soda pada daerah yang panas karena cabai. Oleskan secara merata di bagian kulit tersebut. Tunggu hingga mengering. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

Susu cair dan yoghurt

Kedua jenis bahan ini juga bisa digunakan untuk mengurangi panas. Secara alami, kedua bahan ini mengandung lemak yang bisa meluruhkan kapsaisin. Oleskan susu atau yoghurt pada tangan yang terkena sensasi pedas cabai dan gosok perlahan hingga panas mereda. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Anda tidak perlu merendam tangan dalam susu jika cara ini berhasil. Namun jika diperlukan, Anda bisa melakukannya. Tuangkan susu atau yoghurt dengan suhu dingin ke mangkok. Celupkan tangan dan tunggu hingga sensasi terbakar ini mereda. Cuci dan bilas tangan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa susu atau yoghurt.

Loading...
Loading...