Bahan-bahan untuk Mengawetkan Telur Itik

Pertanianku— Telur itik yang masih segar tidak bisa bertahan begitu lama setelah dipanen. Namun, telur-telur tersebut terkadang juga tidak bisa langsung dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu mengawetkan telur itik agar kesegaran telur masih bisa terjaga dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk mengawetkan telur itik, Anda membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti di bawah ini.

mengawetkan telur itik
foto: https://peternakan.kaltimprov.go.id/

Minyak goreng

Telur yang diawetkan dengan minyak goreng bisa terjaga kualitasnya hingga dapat bertahan selama 3 minggu. Minyak goreng yang dibalurkan ke permukaan telur bisa menutup pori-pori kulit telur sehingga tidak mengalami penguapan yang bisa menurunkan kualitas telur.

Loading...

Cara tersebut juga didukung dengan menata telur di dalam egg tray dengan posisi bagian yang tumpul di atas. Selanjutnya, gunakan alat semprot untuk menyemprotkan minyak goreng pada bagian telur yang tumpul.

Sebanyak 1 liter minyak bisa digunakan untuk 1.450 butir telur. Telur yang sudah disemprotkan harus disimpan di tempat yang bersih dan sejuk.

Garam dapur

Mengawetkan telur itik bisa dilakukan dengan menggunakan garam dapur. Garam dapur tersebut dibuat dengan melarutkan garam sebanyak 25 persen bersama dengan air. Selanjutnya, rendam telur ke dalam larutan selama 2 minggu. Cara pengawetan tersebut bisa membuat telur dapat disimpan selama 6 minggu, tetapi telur menjadi terasa asin.

Cairan lilin

Pengawetan telur bisa menggunakan cairan lilin yang bersuhu 50—60°C. Cairan lilin yang membungkus seluruh cangkang telur bisa menutupi pori-pori kulit telur sehingga bagian dalam telur tidak terkontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan pembusukan.

Larutan akasia

Jika akasia tersedia dengan mudah di sekitar tempat tinggal, Anda bisa menggunakan akasia tersebut untuk mengawetkan telur itik. Bagian yang bisa digunakan adalah kulit akasia sebanyak 250 gram dan ditumbuk hingga halus.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Masukkan bubuk kulit akasia tersebut ke dalam 20 liter air dan rebus selama 1 jam. Diamkan air rebusan hingga dingin. Setelah dingin, rendam telur ke dalam larutan tersebut selama beberapa saat. Telur yang direndam ke dalam larutan akasia bisa disimpan selama 2 bulan.

Loading...
Loading...