Bahan Baku untuk Membuat Pakan Konsentrat

Pertanianku Bahan baku pakan konsentrat yang biasa digunakan adalah pollard, dedak padi, onggok, bungkil kelapa, mineral, dan garam. Semua bahan tersebut bisa digunakan untuk membuat pakan konsentrat yang diberikan pada ternak sapi potong.

bahan baku pakan konsentrat
foto: pertanianku

Pakan ini dibutuhkan untuk mendongkrak bobot sapi menjadi lebih maksimal dalam waktu yang lebih singkat. Pasalnya, jika hanya mengandalkan pakan hijauan seperti rumput dan daun, akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Semua bahan yang digunakan harus dalam kondisi baik dari segi kualitasnya. Sebaiknya, bahan baku pembuatan konsentrat harus mempunyai kriteria berikut.

Loading...

Segar

Bahan yang segar sangat memengaruhi hasil pembuatan pakan. Pasalnya, bahan yang segar masih memiliki kandungan gizi yang banyak dan rasanya jauh lebih disenangi ternak. Bahan yang masih segar juga masih memiliki aroma khas masing-masing bahan.

Tidak berbau

Jangan gunakan bahan yang sudah berbau tengik karena bau tersebut merupakan pertanda bahwa bahan sudah teroksidasi dan sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Jangan gunakan bahan yang sudah menggumpal

Pollard, dedak padi, dan tepung gaplek yang digunakan harus berbentuk halus dan tidak menggumpal. Pollard dan dedak padi yang menggumpal merupakan pertanda bahwa kadar air di dalam tinggi dan sudah terlalu lama disimpan. Selain itu, perhatikan apakah sudah ditumbuhi jamur atau tidak.

Onggok dan bungkil

Onggok dan bungkil yang akan digunakan sebagai bahan baku konsentrat sebaiknya digiling hingga halus terlebih dahulu sebelum digunakan agar mudah dicerna oleh ternak.

Mineral

Mineral yang digunakan biasanya merupakan buatan pabrik sehingga kualitasnya lebih terjamin. Mineral tersebut tidak bisa disimpan sembarangan untuk mencegah kualitasnya menurun. Penyimpanan dilakukan di dalam ruangan yang tidak terlalu lembap untuk mencegah mineral menggumpal.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Kualitas garam

Garam yang digunakan sebaiknya garam berkualitas dan kondisinya bersih. Garam bisa disimpan di dalam ruangan yang tidak terlalu lembap dan panas agar tidak mencair atau menggumpal.

Loading...
Loading...