Bahan Makanan yang Tidak Mengandung Kalori Jahat

Pertanianku — Kalori merupakan jumlah energi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap hari. Kalori tersebut nantinya akan dibakar oleh tubuh melalui akitivitas yang dilakukan sehari-hari. Namun, kelebihan kalori juga tidak baik bagi tubuh karena akan terjadi penumpukan dan akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Saat sudah terjadi, Anda harus menghindarkannya dengan makanan yang tidak mengandung kalori jahat.

kalori jahat
foto: unsplash

Ada banyak makanan yang tidak mengandung kalori, pada umumnya makanan tersebut adalah sayuran, biji-bijian, dan buah. Saat kalori sudah naik, Anda harus mengonsumsi makanan tersebut untuk mengembalikan kadar kalori di dalam tubuh menjadi normal. Berikut ini makanan yang wajib disantap saat kalori jahat sedang tinggi ataupun saat sehat.

Sayuran

Loading...

Pentingnya mengonsumsi sayuran berlaku untuk semua kalangan, baik yang muda maupun tua dan yang sehat ataupun yang sakit. Sayuran mengandung berbagai jenis vitamin serta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Hampir semua jenis sayuran aman untuk dikonsumsi karena mengandung kalori yang rendah.

Jenis sayuran yang bisa dimakan saat kalori sedang tinggi ataupun Anda yang sedang menerapkan pola diet sehingga menghindari kalori adalah asparagus, bawang bombai, bit, brokoli, seledri besar, sawi putih selada, daun dandelion, gambas, kacang panjang, kembang kol, kubis, pak choi, kol Brussel, bawang prei, lobak, kapri manis, rumput laut, terung, tomat, dan wortel.

Buah

Buah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari karena kandungan nutrisi yang tidak bisa dianggap rendah. Bahkan, banyak penyakit yang bisa diterapi dengan buah, salah satunya adalah kelebihan kalori.

Buah yang bagus dikonsumsi saat kalori tinggi adalah apel, anggur, apricot, belimbing, blueberry, raspberry, blackberry, delima, ceri, cranberry, damson, gooseberry, jeruk bali, jambu, jeruk, kiwi, nanas, nektarin, pepaya, pir, pisang, plum, kismis merah, dan stroberi.

Baca Juga:  Tips Mencegah Akar Tanaman Menembus Pot Tabulampot

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan juga ampuh untuk menangani kondisi kalori yang sedang tinggi. Kacang-kacangan ini sangat lezat dijadikan camilan saat senggang. Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah almond, filbert, hazelnut, kacang tanah, kacang barcelona, kacang brazil, kastanye, kelapa, macadamia, pinenut, walnut, pistachio, dan kacang bogor.

Loading...
Loading...