Bahan Pakan yang Cocok untuk Penggemukan Domba

Pertanianku — Pakan adalah kebutuhan penting ternak dan jika tidak diberikan justru malah akan membahayakan ternak. Ada dua macam pakan domba yang bisa Anda berikan, yaitu pakan berserat dan pakan penguat atau disebut juga konsentrat.

pakan domba
foto: pixabay

Pakan berserat merupakan bahan pakan yang mengandung serat kasar lebih dari 18 persen, sedangkan konsentrat hanya mengandung serat kasar kurang dari 18 persen. Namun, pakan konsentrat mengandung protein kasar lebih dari 20 persen sehingga konsentrat sangat penting menjadi sumber protein yang baik untuk domba.

Konsentrat yang mengandung protein kasar kurang dari 20 persen dan dinding sel kurang dari 35 persen sangat baik menjadi sumber energi bagi domba.

Loading...

Bahan pakan domba yang berserat adalah rumput alam, rumput budidaya, leguminosa, tanaman lain, limbah pertanian, dan perkebunan seperti jerami padi, daun jagung pucuk tebu, jerami kacang tanah, dan lain-lain.

Bahan pakan konsentrat biasanya terdiri atas biji-bijian seperti jagung, gandum, sorgum, dan lain-lain. Selain itu, konsentrat mengandung umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, talas, dan umbi lainnya. Konsetrat juga bisa berasal dari beberapa limbah industri pertanian seperti kelapa, bungkil kedelai, ampas tahu, molasses, onggok, dan limbah lainnya.

Peternak membutuhkan pakan tambahan berupa vitamin, mineral, antibiotika, hormon, enzim, dan lain-lain untuk menunjang kesehatan serta pertumbuhan bobot yang lebih pesat.

Dalam memilih bahan pakan ternak, Anda harus memerhatikan palatabilitas pakan, kecernaan bahan pakan, zat antinutrisi dalam bahan pakan tersebut, ketersediaan, dan harga. Seluruh hal tersebut harus Anda perhatikan agar pakan yang diberikan dapat dikonsumsi secara efektif dengan harga yang efisien.

Sebaiknya, pilih bahan pakan yang mudah dicerna seperti pakan yang mengandung lignin pada batang dan akar. Tanaman yang sudah tua akan mengandung lignin yang cukup tinggi. Bahan pakan yang digunakan juga sebaiknya tidak mengadung zat antinutrisi seperti asam sianida, asam sitrat, asam oksalat, gosipol, mimosin, coumarin, alfatoksin, alkaloid, dan tannin.

Baca Juga:  Kiat-kiat Pemasaran Ayam Kampung

Faktor yang tidak kalah pentingnya adalah harga pakan. Bandingkan harga dengan kandungan nutrisi di dalam pakan agar Anda bisa meminimalisir penggunaan anggaran pakan yang berlebihan.

Anda bisa meracik sendiri formula pakan untuk menggemukkan domba. Selain murah dan mudah, tentunya formula tersebut aman karena Anda mengetahui persis komposisinya. Anda bisa menggali informasi tentang meracik formula pakan ternak melalui buku Ramuan Pakan Ternak terbitan Penebar Swadaya.

Buku ini memaparkan berbagai aspek pakan ternak ruminansia, rumusan formulasi
dasar pembuatan konsentrat, beberapa teknik pengolahan hijauan, probiotik, dan herbal. Selain itu, buku ini juga menjelaskan ramuan pakan setiap jenis ternak ruminansia pada berbagai fase umur, mulai dari fase pedet (anakan) hingga indukan. Dilengkapi juga berbagai tips dari beberapa peternak berpengalaman yang sukses meningkatkan bobot tubuh ternak atau mendongkrak produksi susu ternaknya.

Loading...
Loading...