Bahan Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Menanam Vertikultur

PertaniankuVertikultur akan menjadi mudah ketika persiapan yang Anda miliki sudah memadai, baik persiapan secara ilmu maupun persiapan perlengkapan yang memadai. Saat ini sudah banyak toko pertanian yang tersebar di kota ataupun desa untuk memudahkan Anda membeli peralatan dan perlengkapan menanam vertikultur. Bahkan, sebagian bisa dibuat sendiri menggunakan barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan. Berikut ini bahan penting yang harus dimiliki untuk membuat vertikultur di rumah.

 vertikultur
foto: pertanianku

Wadah tanam dan instalasi

Vertikultur merupakan sistem menanam dengan memanfaatkan lahan yang terbatas untuk menghasilkan panen yang melimpah. Sistem menanamnya hampir sama seperti cara menanam pada umumnya, hanya saja instalasi yang dibuat memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang banyak. Oleh karena itu, model menanam ini sering menggunakan rak bertingkat ke atas untuk mengefisiensikan lahan.

Loading...

Wadah tanam yang digunakan bisa berupa pot atau polibag, pipa PVC, talang air, bambu, kayu, papan, kantung tanaman, dan benda bekas lainnya. Sebelumnya, Anda harus merancang instalasi terlebih dahulu agar mudah menentukan wadah tanam apa yang akan digunakan. Dalam buku Petik Sayuran di Lahan Sempit terdapat banyak jenis instalasi vertikultur yang mudah untuk diikuti.

Media tanam

Setelah instalasi dan wadah tanam sudah tersedia, selanjutnya yang harus dimiliki adalah media tanam. Pada umumnya, komposisi media tanam yang digunakan untuk wadah polibag atau pot adalah campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Sementara, untuk bibit yang ditanam pada wadah vertikultur dapat menggunakan campuran media tanam berupa tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1.

Pupuk

Selanjutnya, pupuk yang harus Anda miliki adalah pupuk kandang yang sudah matang atau pupuk cair organik yang bisa didapatkan di toko pertanian, seperti Toko Trubus. Sementara, jika ingin menggunakan pupuk anorganik, Anda bisa menggunakan pupuk urea, NPK, dan Gandasil, gunakan dosis sesuai dengan anjuran.

Baca Juga:  Memahami Sistem Budidaya Akuaponik

Bibit atau benih

Setelah semua siap, selanjutnya siapkan bibit atau benih sayuran yang ingin dibudidayakan. Bibit yang dibutuhkan untuk menanam vertikultur sama dengan menanam sayuran di polibag/pot. Anda bisa mendapatkan bibit atau benih tersebut di Toko Trubus terdekat di kota Anda atau bisa pesan online dari rumah. Jika baru memulai, sebaiknya gunakan benih sayuran yang mudah tumbuh seperti kangkung dan bayam sebagai media untuk belajar.

Anda bisa dengan mudah memahami cara menanam vertikultur dengan baik melalui buku Petik Sayur di Lahan Sempit terbitan Penebar Swadaya. Buku ini menyajikan banyak cara menanam sayuran dengan berbagai wadah dan media tanam. Selain itu, menampilkan juga cara penempatan tanaman yang dibuat efisien sehingga dapat memaksimalkan lahan sempit yang Anda miliki di rumah dengan hasil yang optimal.

Loading...
Loading...