Bahaya! Jangan Konsumsi Buah Bit Berlebihan


Pertanianku — Buah bit biasa digunakan untuk membuat makanan dan minuman sehat. Sebab, bit kaya akan anti-oksidan, vitamin, mineral, dan serat. Konsumsi buah bit diketahui bisa membersihkan beragam racun di liver, meningkatkan produksi hormon alami tubuh, serta menghilangkan kelebihan homosistein dalam urin dan darah.

Konsumsi buah bit
Foto: Google Image

Meskipun demikian, Anda perlu hati-hati dan dilarang untuk konsumsi buah bit secara berlebihan karena dapat menyebabkan dampak buruk seperti berikut ini.

  1. Menyebabkan beeturia

Beeturia adalah istilah dari urin yang berwarna merah ungu seperti buah bit. Hal ini bisa terjadi pada Anda yang terlalu banyak mengonsumsi buah berwarna merah tersebut. Akan tetapi, hal ini tidak membahayakan dan Anda tak perlu panik jika mengalaminya.

  1. Batu ginjal

Bit kaya akan asam oksalat. Zat tersebut bisa menyebabkan batu ginjal jika Anda mengonsumsi buah bit dalam jumlah berlebih.

  1. Tekanan darah lemah

Konsumsi buah bit akan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, jika berlebihan dalam mengonsumsinya, maka tekanan darah akan melemah dan malah bisa membahayakan tubuh.

  1. Ruam

Meski jarang terjadi, ada individu yang mengalami reaksi alergi seperti ruam, gatal, dan bahkan demam atau menggigil saat mengonsumsi buah bit dalam jumlah berlebih.

  1. Sakit perut

Jika Anda menderita masalah gastrointestinal, maka bit dalam jumlah banyak akan memperparah penyakit yang Anda derita itu. Anda bisa mengalami kram, perut kembung, dan perubahan gerakan di usus.

  1. Naiknya gula darah

Salah satu efek samping dari konsumsi buah bit berlebih ialah melonjaknya kadar gula darah. Pasalnya, bit memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Itulah sebabnya Anda tak boleh mengonsumsinya secara berlebih, terutama jika memiliki masalah gula darah.

  1. Asam urat
Baca Juga:  Manfaat Daun Bidara Sangat Luar Biasa, Ini Buktinya

Menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center, makanan seperti buah bit mengandung oksalat tinggi yang bisa menyebabkan asam urat saat Anda mengonsumsinya secara berlebih.

  1. Membahayakan liver

Buah bit mengandung tembaga, fosfor, magnesium, dan zat besi. Dengan begitu, konsumsi bit secara berlebih akan membuat zat tersebut menumpuk di liver dan menimbulkan bahaya.

loading...
loading...