Bahaya! Jangan Mencuci Ikan Sebelum Dimasak


Pertanianku — Kita mungkin sudah sering mendengar saran untuk mencuci terlebih dahulu bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Mencuci bisa melenyapkan kotoran dan kandungan racun yang menempel. Namun, ada larangan jangan mencuci ikan sebelum dimasak. Mengapa demikian?

jangan mencuci ikan
Foto: Google Image

Ya, memang tidak semua bahan makanan boleh dicuci sebelum dimasak. Jika dicuci, bukan bahan makanan bersih yang kita dapat, melainkan tambahan racun. Dilansir dari Insider, berikut beberapa bahan makanan yang pantang dicuci beserta alasannya.

  1. Jamur

Membilas jamur dengan air sama saja merusak cita rasanya. Jamur bersifat mudah menyerap air dan nyaris tidak bisa dikeringkan setelah dicuci. Mencuci jamur akan membuat kandungan airnya bertambah sehingga ketika dimasak kelezatan jamur akan berkurang. Jika jamur terlihat kotor, cukup membersihkannya dengan lap kering dan tepuk-tepuk jamur sampai kotorannya hilang.

  1. Daging ayam

Jangan dikira mencuci daging ayam akan membuatnya bersih. Membilas daging ayam mentah dengan air justru  dapat meningkatkan kandungan racun dalam daging. Selain itu, mencuci daging ayam mentah sama dengan menyebarkan bakteri ke seluruh dapur.

“Cipratan dan tetesan air dari daging ayam bisa mengontaminasi permukaan yang bersih,” kata Eric Sieden, Direktur Nutrisi dan Layanan Makanan di Glen Cove, Plainview, and Syosset Hospital. Eric menegaskan satu-satunya cara membersihkan bakteri dari daging ayam adalah dengan memasaknya.

  1. Ikan mentah

Jangan sekali-sekali mencuci ikan mentah sebelum dimasak. Alasannya sama dengan larangan mencuci daging ayam mentah. Sebelum dimasak, bersihkan kotoran pada ikan tanpa menggunakan air.

  1. Daging merah

Jauhkan daging merah dari air sebelum dimasak. Membasuh daging sebelum dimasak dapat mengurangi kualitas daging tersebut. “Paparan air pada daging akan membuat daging lebih lembap dan memengaruhi rasanya,” jelas Eric kepada Reader’s Digest. Untuk membersihkan daging merah, cukup gunakan lap kering. Cara ini sekaligus akan mengurangi kelembapan pada daging.

  1. Pasta
Baca Juga:  Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat

Bagi penggemar pasta, ingatlah untuk tidak mencuci pasta sebelum atau sesudah dimasak. Beberapa orang mencuci pasta sebelum dimasak dengan tujuan agar pasta bersih. Akan tetapi, langkah ini malah akan menghilangkan zat tepung di bagian luar pasta.

Zat tepung tersebut berfungsi sebagai pemberi rasa sekaligus pelekat agar saus mau menempel pada pasta. Jadi, jika Anda menginginkan pasta yang nikmat, jangan mencucinya sebelum dimasak.