Bahaya! Jauhkan Tanaman Hias Ini dari Rumah Anda


Pertanianku — Menempatkan tanaman hias di dalam rumah memang bisa membuat ruangan terlihat lebih segar dan sejuk. Akan tetapi, tak semua tanaman hias aman untuk ditaruh di dalam rumah. Beberapa tanaman hias, yang umumnya sering ditempatkan sebagai dekorasi ruangan, ternyata memiliki kandungan toksin yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan.

tanaman hias
Foto: Pixabay

Akan sangat berbahaya apabila tanaman hias beracun ini sampai terkonsumsi oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan. Tanaman hias jenis apa saja yang termasuk ke dalam tanaman hias beracun? Yuk, simak informasinya, seperti dikutip dari laman Dekoruma (14/11).

  1. Sri rejeki (dieffenbachia)

Sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias beracun yang sangat umum digunakan. Bentuk daunnya yang lebar dengan warna yang memuda di bagian tengahnya menjadi daya pikat tanaman hias ini.

Namun, siapa yang menyangka kalau ternyata getahnya mengandung racun yang dapat mengakibatkan pembekakan di mulut dan lidah, gatal-gatal, dan gangguan pernapasan. Hal ini dapat terjadi saat termakan oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan dalam jumlah yang banyak. Akibat yang lebih fatal dari mengonsumsi tanaman hias beracun ini adalah kejang-kejang.

  1. Selendang putih (peace lily)

Selendang putih termasuk dalam tanaman hias yang hanya tumbuh dalam kondisi intensitas cahaya yang rendah, Selendang putih memang lebih baik ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman hias beracun ini memiliki bunga berwarna putih kelam dan daun berwarna hijau tua. Uniknya, semakin tua tanaman hias beracun ini warna daunnya pun akan ikut menua, menjadi lebih gelap.

Gejala yang ditimbulkan saat setiap bagian daun dan bunga dari tanaman hias beracun ini tertelan adalah mulut sampai tenggorokan terasa terbakar, muntah-muntah, dan sakit perut. Selendang putih bisa menyebabkan kematian apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  1. Philodendron
Baca Juga:  Ragam Manfaat Daging Merah untuk Kesehatan

Philodendron dapat dikenali dari bentuk daunnya yang melengkung dan melancip di bagian ujungnya. Karena memiliki bentuk yang kecil dan tumbuh merambat, tanaman hias beracun ini sering digunakan sebagai bunga hias gantung di dalam ruangan. Selain itu, tanaman hias beracun ini juga mudah dibudidayakan karena cukup adaptif. Berhati-hatilah dengan bagian daunnya. Jika termakan, bisa menyebabkan bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak.