Bahaya! Kandungan Fluktosa dalam Buah Dapat Merusak Tubuh


Pertanianku – Buah adalah salah satu makanan yang sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya mampu mendukung kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Benarkan Kandungan Fluktosa pada Buah Berbahaya

Selain nutrisi, buah juga memiliki rasa manis alami yang berasal dari fruktosa. Meskipun alami namun beberapa penelitian kesehatan menemukan bahwa fruktosa sebenarnya tak baik untuk kesehatan tubuhmu. Salah satunya adalah fruktosa bisa menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh.

Tak berhenti sampai di situ saja, sebuah penelitian terbaru dari UCLA pun menemukan fakta mengejutkan bahwa ternyata gen di dalam otak bisa dirusak oleh fruktosa. Pengaruh fruktosa ini kemudian mampu mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat dan bahkan bisa menyebabkan penyakit Alzheimer, diabetes, hingga penyakit jantung.

Sebelumnya dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan tikus sebagai bahan percobaan. Para tikus dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama meminum air putih, kelompok kedua meminum fruktosa, dan kelompok ketiga meminum fruktosa dan DHA, sejenis asam lemak omega 3. Kemudian para tikus dilatih untuk melarikan diri dari labirin dalam pengujian yang dilakukan selama 6 minggu.

Hasilnya tikus yang meminum fruktosa mengambil waktu lebih lama dibandingkan dengan tikus yang minum air putih serta campuran fruktosa dan DHA. Hal ini menyebabkan para peneliti mengambil kesimpulan bahwa fruktosa memperlambat kemampuan tikus untuk berpikir. Gen dalam otak tikus berubah yang kemudian bisa berkaitan dengan munculnya parkinson, depresi, dan penyakit otak lainnya.

Kandungan di dalam buah mengandung fitokimia, serat, vitamin, dan mineral yang mencegah penyakit kronis. Plus merupakan serat untuk memperlambat metabolisme fruktosa dalam buah. Untuk itulah jangan mengurangi konsumsi buah. Namun lebih baik konsumsi buah dalam bentuk utuh saja. Sebab, membuat jus buah terutama dengan cara memblendernya akan menghilangkan nutrisi di dalamnya karena suhu panas yang ditimbulkan oleh blender tersebut. Dan jika Anda terpaksa untuk minum jus, jangan meminum jus buah yang memiliki campuran gula atau susu di dalamnya. Hal ini akan menambah kandungan gula dalam jus dan menjadikannya sebagai minuman yang tidak sehat.

Baca Juga:  Tips Rahasia Merawat Cabai di Musim Hujan