Bahaya Kegemukan Pada Anjing


PertaniankuAnjing gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan, selain itu juga kadang dianggap wujud kasih sayang dari pemilik karena diberi makan snack yang banyak. Bahkan, akhirakhir ini anjing yang gemuk bisa mendapat piala dan hadiah karena menang kontes anjing tergemuk. Namun, dibalik itu semua, kegemukan adalah awal dari bahaya untuk anjing itu sendiri dan juga pemiliknya.

Bahaya Kegemukan Anjing

Anjing yang kegemukan akan malas bergerak karena berat badannya yang membebani sehingga ia akan kurang lincah. Pada anjing gemuk. lemak tersebut akan menjepit pembuluh darah dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan.

Penyakit yang paling banyak menyerang adalah jantung, akibat kegemukan. Pada serangan jantung, pembuluh yang terjepit sulit menyalurkan oksigen dan darah ke jantung atau karena tingkat kolesterol jahat yang meningkat. Selain itu masih banyak penyakit yang timbul seperti gangguan metabolik, stroke atau bahkan kanker dan juga kaki bengkok (karena menahan berat).

Penyebab Kegemukan

  1. Anjing jarang atau bahkan tidak pernah diajak olah raga.
  2. Makanan yang diberikan mengandung karbohidrat dan protein yang berlebihan.
  3. Pemberian snack yang berlebihan.
  4. Kebiasaan pemilik membagi makanannya ke anjing saat sedang makan.
  5. Anjing di kandang terus sehingga tidak ada ruang gerak yang luas untuknya bergerak (Ingat, berjalan saja sudah membakar sejumlah kecil kalori).

Kenapa berbahaya juga bagi pemilik? Jawabannya sebagai berikut.

  1. Kemungkinan kehilangan si anjing karena penyakit akibat kegemukan akan sangat besar.
  2. Pengeluaran biaya yang besar untuk pengobatan penyakit tesebut.
  3. Akan menguras waktu dan tenaga pemilik untuk merawat dan mengobatinya.

Cara Menghindari

  1. Ajak anjing berolahraga secara teratur dan disesuaikan kemampuan (jangan berlebihan).
  1. Pilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya dan aktifitasnya (lihat kadar protein dan lemaknya), pemberian porsi makan yang wajar.
  2. Beri snack yang menyehatkan dan jangan terlalu sering.
  3. Jangan membiasakan berbagi makanan Anda pada anjing (tidak semua makanan manusia aman baginya).
  4. Periksa kesehatan ke dokter hewan secara teratur.

Pengobatan Kondisi Normal

  1. Kurangi porsi makan atau frekuensi makannya.
  2. Perbanyak olahraga (bila Anda tidak sempat bisa gunakan jasa pelatih). Olahraga tidak boleh terlalu keras apalagi pada saat pengurangan porsi makan, olahraga harus teratur, biasa pagi dan sore hari.
  3. Ajaklah anjing bermain sesering mungkin. Bila banyak diam, makanan yang masuk tidak diolah menjadi tenaga tetapi menjadi lemak
  4. Bergabung di klub-klub anjing. Selain menambah teman dan anjing untuk bersosialisasi, kegiatan dog on the road membantu membakar lemak Anda dan anjing kesayangan.
  5. Hentikan kebiasaan membagi makanan kepada anjing dan stop memberi snack.
  6. Jangan lakukan pemberian suplemen makanan pembakar lemak, jangan diikuti tanpa pengawasan ahli, karena tidak semua fat burner cocok dan aman buat anjing.

Dengan olahraga secara teratur, pemberian makan teratur, dan sesuai kebutuhan, istirahat yang cukup maka kesehatan anjing Anda akan terjaga. Anjing bisa hidup lama dan bermain bersama Anda sepanjang waktu.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...