Bahaya Kipas untuk Anak Ayam

Pertanianku — Cuaca sering menjadi kendala peternak saat mempertahankan tingkat kehidupan anak ayam yang terbilang masih rentan, baik pada musim hujan ketika suhu sedang rendah maupun saat musim kemarau ketika suhu tinggi.

anak ayam
foto : Pertanianku

Ketika cuaca sedang panas, Anda harus menjaga kondisi suhu di dalam kandang tidak tinggi. Namun, kondisi tersebut harus dikendalikan dengan cara yang benar. Apabila tidak ditangani dengan benar, kemungkinan dampaknya akan menyebabkan ternak mudah sakit. Salah satu cara yang harus Anda hindari untuk menjaga kondisi suhu di dalam kandang saat cuaca sedang panas adalah penggunaan kipas.

Tidak seperti manusia yang bisa mengandalkan kipas saat suhu sedang tinggi, penggunaan alat yang dapat menghasilkan angin ini justru dapat membawa malapetaka untuk ternak Anda. Penggunaan kipas harus dihindari karena dapat menyebabkan anak ayam menjadi sakit, kembung, dan stres.

Apabila kondisi cuaca sedang panas, sebaiknya Anda memperbaiki sistem ventilasi kandang. Sistem ventilasi yang baik dapat membuat sirkulasi udara berjalan lancar sehingga udara kotor dari dalam kandang dapat berganti dengan udara segar dari luar kandang.

Perbaikan ventilasi harus dilakukan sebelum anak ayam tiba di dalam kandang. Agar saat anak ayam sampai di dalam kandang, seluruh peralatan dan bahan yang dibutuhkan selama proses pemeliharaan sudah bersih. Seluruh bagian kandang dan peralatan yang digunakan harus dibersihkan dan disemprot dengan disinfektan.

Hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah segala sesuatu harus sudah siap sebelum DOC tiba di dalam kandang. Kondisi di dalam kandang harus dipastikan dalam keadaan bersih, suhu dan tingkat kelembapan kandang sudah tepat.

Pekerjaan tersebut sudah harus selesai beberapa hari menjelang anak ayam sampai ke kandang. Begitu pun dengan kondisi sirkulasi udara di dalam kandang, kondisinya sudah harus sudah berjalan baik ketika anak ayam tiba.

Baca Juga:  Atasi Busuk Batang Pangkal Lada dengan Urine Kelinci

Setelah DOC tiba di dalam kandang, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara rutin pada kondisi suhu di dalam kandang. Suhu yang dapat membuat anak ayam nyaman sekitar 29–32°C. Kandang juga hgarus rutin diperiksa, bila terlihat ada kebocoran yang menyebabkan angin kecil masuk ke kandang, segera perbaiki bagian tersebut.