Mengenal Tanaman Bambu Tali


A. Nama

  1. Nama ilmiah : Asparagus cochinchinenesis (Lour.) Merr.
  2. Nama daerah : asparagus (Sunda).
  3. Nama asing : christus dorn (Inggris) dan tian men dong (Cina).

Bambu Tali

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bambu tali memiliki rasa manis, pahit, dan bersifat mendinginkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bambu tali, di antaranya saponin, misalnya aglycone dan proto-sarsapogenin. Selain itu, bambu tali mengandung asparagine, glukosa, fruktosa, 5-methoxymethylfurfural, dan β-sitosterol. Bahan kimia akan masuk ke meridian paru-paru dan ginjal sehingga dapat membersihkan paruparu, menyuburkan yin, serta merangsang produksi cairan tubuh.

Efek farmakologis yang dimiliki oleh bambu tali, di antaranya antitoksin,antineoplastik, dan penurun panas. Selain itu, bambu tali dapat menambah daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan imunitas. Akan tetapi, penderita batuk karena flu dilarang menggunakan ramuan dari bambu tali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bambu tali dapat menghambat sarcoma-180 pada tikus dan berbagai jenis leukimia pada manusia.

C. Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tumbuhan yang digunakan adalah umbi yang dikeringkan. Bagian tersebut dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Batuk darah, TBC, dan sakit kerongkongan

Cuci bersih 6—12 g umbi bambu tali kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya saat hangat. Jika diperlukan, minum 2 kali sehari masing-masing gelas.

  1. Kanker payudara, carcinoma, fibroadenoma, dan hyperplasia kelenjar payudara

Cuci bersih 20—40 g umbi bambu tali kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 gelas sehari. Ramuan ini, dengan cara pengobatan yang sama, dapat digunakan untuk mengobati kanker limpa dan kanker darah (leukimia).

  1. Kencing manis

Cuci bersih 6—12 g umbi kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan saat hangat 2 kali sehari sampai sembuh, masingmasing 1 gelas.

Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus

 

loading...
loading...