Banjir Solok, Petani Padi Gagal Panen 3.000 Ton!

0

PERTANIANKU.COM – Musim hujan yang sedang melanda Indonesia menyebabkan banjir di mana-mana. Tidak terkecuali dengan musibah banjir yang menghampiri daerah Solok Selatan Sumatera Barat kemarin sore. Sejak Senin (8/2) banjir telah merusak kurang lebih 500 hektar lahan sawah milik warga.  Menurut Irwan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Solok Selatan seperti yang dikutip dari Jitunews.com “Dari 500 hektar sawah itu, jika dikalkulasikan, dari 1 hektar mampu menghasilkan 6 ton maka ada 3.000 ton padi yang gagal panen akibat banjir itu.”

sawah banjir
foto: berita8

Dari tiga kecamatan di Solok Selatan yang terkena banjir, Kecamatan Sungai Pagu merupakan yang paling parah terkena banjir. Dampak dari banjir tersebut, lebih lanjut akan dibicarakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Ali Asmar dengan sejumlah SKPD terkait yang juga wilayahnya terkena banjir.

Kerugian akibat bencana ini memang belum secara pasti diketahui. Akan tetapi, upaya terbaik sudah dilakukan oleh Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat dengan menghimbau seluruh Walikota dan Bupatinya untuk mendata kondisi riil wilayahnya pasca bencana ini.

loading...
loading...