Bantu Tidur Nyenyak dengan Tanaman Hias di Kamar

Pertanianku — Bisa dibilang, kamar merupakan ruangan paling tenang yang ada di rumah. Kita menggunakan kamar sebagai tempat beristirahat yang nyaman. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meletakkan beberapa jenis tanaman hias di kamar untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

tanaman hias di kamar
Foto: pixabay

Lidah buaya

Dikenal dengan segudang manfaat, keberadaan tanaman lidah buaya di dalam kamar bisa menimbulkan efek relaks tersendiri. Pasalnya, tanaman ini akan menghasilkan oksigen walaupun di malam hari. Lidah buaya juga merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah perawatannya.

Loading...

Melati

Tidak perlu memeliharanya langsung di dalam kamar, Anda cukup memiliki tanaman ini yang ditanam dekat dengan kamar tidur Anda. Di malam hari, aroma harum dari bunga melati akan lebih tercium dibanding siang hari. Aroma harum ini mampu memberikan efek rileks bagi pikiran Anda.

Lavender

Sama seperti melati, aroma harum dari bunga lavender juga mampu membuat Anda lebih tenang dalam beristirahat. Bunga lavender ini juga tidak perlu Anda tanam di dalam ruangan, cukup dengan meletakkan bunganya saja. Selain memberikan efek relaks, bunga lavender yang beraroma wangi ini juga bisa mengusir nyamuk.

Peace lily

Tidak hanya indah, peace lily juga bisa membantumu beristirahat dengan lebih nyaman. Tanaman ini dikenal mampu membantu menyaring polusi di dalam ruangan. Beberapa zat berbahaya yang dapat dikurangi keberadaan oleh tanaman peace lily ini adalah formalin, benzena, amonia, xilena, dan trikloroetilena.

Lidah mertua

Selain lidah buaya, tanaman lidah mertua juga baik diletakkan di dalam kamar. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tanaman bernama latin Sanseviera ini mampu mengurangi polusi di dalam ruangan, termasuk di dalam kamar.

Beberapa jenis zat beracun yang keberadaannya dapat dikurangi dengan menanam lidah mertua adalah benzena dan formalin. Lidah mertua juga menghasilkan oksigen di malam hari. Oleh karena itu, tanaman ini cocok dimiliki oleh orang dengan penyakit asma dan masalah pernapasan lain.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar tanaman melakukan respirasi atau pernapasan di malam hari. Tanaman-tanaman jenis ini membutuhkan oksigen untuk melakukannya. Oleh karena itu, Anda dan tanaman ini justru dapat saling berebut oksigen yang dapat berakhir fatal. Penting bagi Anda untuk memilih jenis tanaman di kamar yang tepat.

Loading...
Loading...