Banyak Ikan di Danau Ranau Mati Mendadak


Pertanianku Banyak ikan di Danau Ranau mati mendadak beberapa hari terakhir. Hingga Senin (5/2) malam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) belum mengetahui penyebab kematiannya.

banyak ikan di danau Ranau mati mendadak
Foto: Google Image

Selain ikan di danau yang berlokasi di Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, ikan warga setempat juga ikut mati mendadak.

Menurut warga, ikan-ikan milik warga yang dipelihara di keramba mati massal secara mendadak sejak empat hari terakhir. Warga tidak bisa berbuat banyak karena ikan-ikan dalam keramba tiba-tiba mati dan mengapung di air.

”Kami tidak tahu kenapa ikan dalam keramba tiba-tiba mati mendadak,” ujar Endri, warga Lumbok Seminung dikutip dari Republika, Selasa (6/2).

Selama ini, warga yang biasa memelihara ikan keramba tidak pernah mengalami kejadian ikan mati massal secara mendadak. Warga menduga kematian ikan tersebut disebabkan oleh adanya belerang yang berasal dari Gunung Seminung.

”Kami minta pemerintah setempat segera mengatasi hal tersebut, karena banyak warga yang gagal panen ikan,” pinta Endri.

Di wilayah perairan Danau Ranau khususnya di kawasan Kecamatan Lumbok Seminung ini memang banyak warga yang berprofesi sebagai petambak ikan menggunakan keramba.

Ikan-ikan yang berada di keramba tersebut jumlahnya berton-ton. Dengan kematian ikan secara massal, petambak ikan keramba setempat mengalami gagal panen dan kerugian yang tak terhingga.

Kasubag Humas Pemkab Lambar Adiyansyah mengatakan, dua instansi yakni Dinas Kesehatan (Diskes) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lambar akan turun ke lokasi untuk mengambil sampel air danau. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu penyebab kematian ikan secara mendadak tersebut.

”Besok (Selasa, 5/2) tim (dari dua dinas tersebut) turun ke lapangan untuk mengambil sampel air. Sudah ada tindak lanjutnya dari dinas teknisnya,” kata Adiyansyah.

Sementara itu, Kepala Dinkes Lambar, Paijo telah berkoordinasi dengan jajarannya untuk memeriksa air minum yang dikonsumsi warga setempat. Diskes juga mengaku baru mendapat informasi terkait banyaknya ikan mati mendadak di Lumbok Seminung itu. Pihaknya berjanji akan memberikan kabar terkait hasil uji sampel air Danau Ranau.

loading...
loading...