Basmi Hama Tanaman Cabai dengan Pestisida Alami Daun Pepaya

Pertanianku — Selama ini serangan hama masih menjadi permasalahan yang tiada hentinya, serangan tersebut bisa menyebabkan hasil panen menurun dan merugikan petani. Masih banyak petani yang mengandalkan pestisida berbahan dasar kimia untuk mengatasi serangan hama tanaman cabai. Padahal, ada banyak tanaman di sekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami, salah satunya daun pepaya.

8hama tanaman cabai
foto: pertanianku

Daun pepaya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengahnya. Daun tanaman ini sangat khas dan mudah dikenali, apalagi daun pepaya memang sering dikonsumsi menjadi sayuran seperti daun singkong.

Selama ini daun pepaya terkenal khasiatnya untuk kesehatan. Oleh karena itu, banyak orang yang rela merasakan pahitnya daun pepaya guna mendapatkan khasiat tersebut. Namun, masih jarang orang yang mengetahui fungsi lain dari daun tanaman ini yang bisa digunakan sebagai pestisida alami untuk mengusir hama tanaman cabai.

Daun pepaya dapat Anda andalkan untuk mengusir hama kutu pada tanaman cabai. Cara meramunya sangat mudah, simak ulasannya di bawah ini.

  • Kumpulkan 1 kg daun pepaya.
  • Haluskan daun dengan cara ditumbuk, kemudian campur dengan air bersih.
  • Rendam daun yang sudah ditumbuk selama satu malam, setelah itu saring air rendaman tersebut.
  • Aplikasikan larutan tersebut ke bagian tanaman yang terserang oleh hama atau pada hama yang terlihat di

Penggunaan daun pepaya ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang kerap ditimbulkan oleh pestisida berbahan dasar kimia. Pestisida alami ini tidak akan meninggalkan residu berbahaya bagi tubuh manusia, tanaman, dan lingkungan sekitar.

Selain itu, untuk Anda yang mudah mendapatkan tanaman pepaya di sekitar tempat tinggal, penggunaan daun pepaya sebagai pestisida alami dapat menghemat pengeluaran untuk membeli pestisida kimia. Pada dasarnya tanaman buah pepaya sangat mudah tumbuh, bahkan ketika Anda tidak sengaja untuk menanamnya.

Baca Juga:  Pengendalian OPT Ramah Lingkungan di Kampung Cabai

Sebagai informasi tambahan, daun pepaya mengandung senyawa alkaloid carpaine, papain, flavonoid, saponin, violaksantin, tannin, dan caricaksantin. Selain itu, daun pepaya juga mengandung enzim papain, nikotin, miosmin, pseudokarpin, kontinin, dan karpain. Kombinasi dari seluruh kandungan tersebut dapat melemahkan virus DBD karena jumlah trombosit di dalam tubuh meningkat.