Batang Talas, Manfaatnya untuk Kesehatan Sangat Luar Biasa


Pertanianku — Talas merupakan tanaman yang dibudidayakan sebelum padi. Oleh karena itu, di berbagai daerah Indonesia masih ada yang menjadikan talas sebagai makanan utama. Selain umbinya, batang talas juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

batang talas
Foto: Pertanianku

Talas (Colocasia esculenta) adalah salah satu contoh tumbuhan penghasil umbi. Tumbuhan talas memiliki tinggi sekitar 0,4—1,5 meter dengan umbi berada di bawah tanah. Dalam satu tumbuhan, biasanya terdapat 3—5 helai daun dengan tangkai seperti pelepah. Tumbuhan ini dipercaya berasal dari daerah Asia Tenggara, lalu menyebar ke berbagai belahan dunia seperti India, Cina, dan Afrika.

Talas banyak digunakan sebagai bahan makanan. Umbi talas merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi. Di beberapa negara maju, umbi talas bahkan digunakan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi. Umbi talas dipercaya banyak mengandung vitamin C dan anti-oksidan yang banyak berperan dalam merawat kesehatan sel.

Selain itu, talas juga banyak mengandung mineral seperti potasium, kalium, dan kalsium yang menjaga kestabilan metabolisme dan kesehatan jantung. Daun talas juga dapat dikonsumsi sebagai sayur. Daun talas selain memiliki rasa yang enak juga mengandung banyak serat, serta vitamin A dan C.

Hampir 90% dari seluruh bagian tumbuhan talas dapat dimanfaatkan, termasuk daun, batang, dan umbi talas. Daun dan batang talas banyak digunakan sebagai sayur yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Dalam 100 gram batang talas, terdapat 20 mg fosfor, 60 mg kalsium, 400 mg karbohidrat, 100 mg serat, dan mineral-mineral lain. Karena itu, batang talas banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut manfaat batang talas untuk kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ yang sangat vital dalam tubuh manusia. Tanpa adanya jantung, maka darah tidak dapat dipompa ke seluruh tubuh manusia. Dalam hal ini, kandungan batang talas yang kaya mineral kalsium dan kalium dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung.

  1. Melancarkan pencernaan
Baca Juga:  Jenis Tanaman Obat Vertigo yang Cocok di Halaman Anda

Batang talas mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Serat menjaga usus agar dapat mencerna makanan lebih optimal dan melancarkan pembuangan sisa makanan dari tubuh. Dengan mengonsumsi makanan berserat seperti batang talas, maka pencernaan akan lebih baik.