Bawang Dayak Punya Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan


PertaniankuBawang dayak merupakan tanaman bawang yang berasal dari Amerika. Tetapi, bawang dayak juga banyak tumbuh di Kalimantan. Selain bernama bawang dayak, tanaman ini juga dikenal dengan nama bawang sabrang dan bawang berlian.

Bawang dayak
Foto: Google Image

Bawang dayak tumbuh di daerah dengan ketinggian 600—1.500 m dpl. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di hutan yang lembap dan gelap. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbinya. Namun, berbeda dengan jenis bawang lain yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan, umbi bawang dayak lebih banyak dipakai sebagai obat herbal.

Berikut ini beberapa khasiat yang dihasilkan oleh bawang dayak terutama untuk kesehatan.

  1. Melancarkan peredaran darah

Bawang dayak memiliki khasiat untuk memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh. Manfaat ini akan sangat dirasakan oleh penderita asam urat. Selain itu, bawang dayak juga diklaim mampu membuat kadar gula darah menjadi netral pada penderita diabetes.

  1. Memperbaiki sistem pernapasan

Bawang dayak juga sangat berguna untuk sistem pernapasan seperti untuk mencegah timbulnya lendir dan plak pada paru-paru serta membuang kotoran yang diakibatkan oleh udara kotor. Selain itu, bawang dayak juga dapat mengeluarkan lendir di saat batuk serta mencegah radang paru-paru.

  1. Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Bagi para wanita, bawang dayak ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan organ reproduksi. Beberapa manfaat tersebut adalah melancarkan datang bulan, mengatasi rasa sakit ketika datang bulan, mencegah keputihan, serta membersihkan area organ intim.

  1. Melancarkan metabolisme

Bawang dayak juga dapat melancarkan sistem metabolisme pada tubuh seperti mengatasi sembelit, radang usus, dan penyakit ginjal. Selain itu, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga stamina.

  1. Menguatkan tulang

Kekurangan kalsium di dalam tubuh biasanya berimbas pada timbulnya penyakit yang berkaitan dengan tulang. Salah satunya adalah pengapuran tulang atau yang biasa disebut osteoporosis. Bagi para manula, mengonsumsi bawang dayak sangat dianjurkan karena bawang ini memiliki kalsium yang melimpah.

  1. Melancarkan ASI
Baca Juga:  Lima Makanan Super Ini Terbaik untuk Otak Anda

Bawang dayak juga dapat menangani masalah yang biasanya dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Beberapa masalah tersebut di antaranya air susu yang tidak lancar, demam, mual hingga kaki bengkak.