Bawang Hitam Efektif Meredakan Vertigo


Pertanianku — Telah terbukti berdasarkan hasil berbagai uji lab bahwa bawang hitam bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain kanker, bawang hitam juga sangat efektif meredakan vertigo.

meredakan vertigo
Shuttersctock

Seorang herbalis, Maria Margareta Anjarwati mengatakan, efek penyembuhan itu berasal dari kandungan anti-oksidan yang ada pada bawang hitam.

“Bawang hitam kaya akan anti-oksidan, lebih tinggi daripada bawang putih. Kadarnya tentu saja ada yang lebih tinggi dan lebih rendah. Bawang hitam itu asalnya ‘kan dari bawang putih, berbagai khasiat bawang putih sudah lama diketahui banyak orang, tetapi karena rasanya yang pedas dan baunya yang menyengat, orang jadi enggan mencobanya,” kata Anjarwati dikutip dari Jitunews.com, Jumat (24/11).

Tanpa mengurangi khasiatnya, bawang putih yang sudah diubah menjadi bawang hitam tak lagi memiliki rasa pedas dan bau menyengat. Anjarwati menduga, khasiat bawang hitam lebih kuat lantaran ada proses penyusutan akibat pemanasan selama proses pembentukan.

Ia mengungkapkan, 100 gram bawang hitam setara dengan 150 gram bawang putih segar. Jika ditilik lebih dalam, setelah bawang menghitam, beberapa jenis asam amino akan berkurang.

Akan tetapi, kadar polifenol dan flavonoid yang keduanya merupakan kandungan anti-oksidan meningkat berkali lipat. Begitu pula dengan kadar gula produksi yang meningkat tajam.

Anjarwati menuturkan, senyawa fenilanin yang terkandung dalam bawang hitam jiga dapat membantu mengatur selera makan serta bobot tubuh sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet sehat.

Baca Juga:  Menyehatkan, Ini Manfaat Sarang Lebah Madu untuk Tubuh
loading...
loading...