Bawang Merah Bantu Bunuh Sel Kanker Secara Alami

0

Pertanianku – Bawang merah sudah tidak asing lagi di Indonesia karena sering digunakan sebagai bumbu pada hampir semua masakan. Namun, bawang merah tak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan saja. Terdapat sebuah riset yang dilakukan menemukan bawang merah dengan warna yang gelap, ternyata memiliki sumber flavonoid diet yang dapat membantu seseorang dalam memerangi usus besar.

“Kami menemukan bahwa bawang sangat bagus untuk membunuh sel kanker,” jelas Abdulmonem Murayyan, seorang mahasiswa doktoral di University of Guelph di Ontario, Kanada.

“Bawang mengaktifkan jalur yang mendorong sel kanker untuk mengalami kematian sel. Mereka mempromosikan lingkungan yang tidak kondusif untuk sel kanker dan mengganggu taruhan komunikasi. Beberapa sel kanker, yang menghambat pertumbuhan,” tambahnya.

Temuan yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Food Research International, mengungkapkan bahwa bawang merah mengandung kadar quercetin yang tinggi. Zat polifenol tanaman dari kelompok flavonoid, ditemukan pada banyak buah, sayuran, daun, dan biji-bijian yang mencakup berbagai macam manfaat seperti penurunan peradangan dan melawan alergi.

Dalam studi pertamanya, untuk meneliti seberapa efektif bawang dalam membunuh sel kanker, para periset telah menemukan bahwa tidak semua bawang diciptakan sama.

Selanjutnya, bawang satu ini juga ditemukan mengandung antosianin dalam jumlah tinggi, yang memperkaya sifat pengambilan molekul quercetin.

“Antosianin dipercaya berperan penting dalam memberi warna pada buah dan sayuran sehingga masuk akal bahwa bawang merah, yang paling gelap warnanya, memiliki kekuatan melawan kanker, “ungkap Murayyan.

loading...
loading...