Bawang Putih Berada di Harga Tertinggi


Pertanianku – Mendekati Ramadan, sejumlah harga kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan. Salah satu daerah yang mengalami lonjakan harga bahan pokok adalah Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di Pasar Guntur Ciawitali. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada bawang putih.

Solihin, salah satu pedagang di pasar tersebut mengatakan bahwa kenaikan harga bawang putih melonjak paling drastis. Pedagang sayur itu menyebut harga bawang putih Rp35.000 per kg pada bulan lalu. Namun, saat ini harga bawang menembus Rp50.000 per kg.

“Bukan hanya harganya yang terus naik. Pasokan barang juga sulit didapat. Akibatnya, harga terus berubah setiap harinya,” tuturnya, seperti melansir Republika (9/5).

Solikin menuturkan bahwa kenaikan harga bawang sudah terjadi satu minggu belakangan. Bahkan, ia memperkirakan harga bawang putih bisa mencapai Rp80.000 per kg pada Ramadan nanti.

Beberapa harga komoditas sayuran justru mengalami penurunan harga. Seperti harga tomat mengalami penurunan dari Rp8.000 menjadi Rp4.000 per kg. Harga kentang dari Rp10.000 per kg menjadi Rp16.000 per kg dan kacang tanah dari Rp26.000 menjadi Rp20.000 per kg. Sementara itu, harga daging ayam masih stabil, sebesar Rp28.000 sampai Rp30.000 per kg.

Kenaikan harga bawang putih tidak hanya terjadi di Garut, tetapi juga di Malang dan Lampung. Sejak sepekan terakhir, harga bawang di Malang terus merangkak naik. Pada Minggu (7/5), harga bawang mencapai Rp45.000 per kg dari yang biasanya hanya Rp32.000 per kg. Namun, para pedagang tak tahu penyebab kenaikan harga tersebut.

Seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Besar Malang, Agus, menuturkan selain bawang putih, bawang bombay juga ikut mengalami kenaikan harga. Bawang bombay yang biasa dijual Rp12.000 per kg kini menjadi Rp16.000 per kg.

Baca Juga:  Populasi Bekantan Semakin Menurun

“Sudah seperti tradisi setiap jelang Ramadan harga-harga naik tapi nanti pekan pertama bulan puasa normal lagi,” kata Agus saat ditemui Republika di kiosnya, Ahad (7/5). Kenaikan harga itu juga diikuti cabai rawit merah. Dalam tiga hari terakhir, harga cabai rawit merah merangkak dari Rp50.000 menjadi Rp60.000 per kg.

Melonjaknya harga bawang membuat Agus mengurangi pasokan barang dagangan sebagai antisipasi jika pembeli berkurang. Pada harga normal, ia biasa membeli hingga 50 kilogram bawang putih per hari untuk dijual lagi. Namun, belakangan ini ia hanya membeli sekitar 30 kilogram.

loading...
loading...