Bawang Putih, Obat Penyakit Cacingan pada Ayam Kampung

Pertanianku— Siapa yang tidak tahu bawang putih, salah satu jenis bawang-bawangan yang memiliki banyak khasiat. Bisa digunakan untuk menambah aroma serta cita rasa pada masakan, mengobati penyakit pada manusia, sebagai pestisida alami tumbuhan, dan obat untuk ayam kampung. Bawang putih dapat mengatasi penyakit cacingan pada ayam kampung.

bawang putih
foto: Pixabay

Bawang putih bisa diolah menjadi jamur herbal sebagai obat untuk ayam kampung yang tidak berbahaya. Sebenarnya, orang-orang dulu sudah menggunakan bawang putih sebagai obat untuk ayam kampung. Ayam kampung mereka dipelihara secara esktensif dengan membebaskan ayam mencari pakan sendiri di alam.

Khasiat bawang putih untuk ayam kampung itu sendiri adalah sebagai agen anticacing parasitik yang sangat berpotensial. Ayam yang diumbar begitu saja sangat rentan terkena serangan parasit cacing. Oleh karena itu, ayam diberikan bawang putih agar lebih tahan terhadap parasit tersebut.

Di dalam bawang putih terkandung allicin dan dalil sulfide. Kandungan tersebut sangat ampuh melawan serangan cacing nematoda yang merugikan. Bawang dapat diolah menjadi bubuk agar mudah diberikan ke ayam kampung.

Ayam yang terkena cacing parasitik biasanya akan mengalami gejala diare. Pada kasus ringan ayam masih bisa terlihat sehat, tetapi produksinya menurun.

Kondisi tersebut karena cacing yang ada di dalam tubuh ayam akan mengganggu proses penyerapan nutrisi dari pakan sehingga tubuh ayam tidak bisa mendapatkan nutrisi secara maksimal meskipun pakan yang diberikan sudah bergizi. Cacing yang ada di dalam tubuh ayam akan mengisap sari makanan yang dikonsumsi dan menghisap darah dari tubuh ayam sehingga ayam jadi lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.

Sementara itu, pada kasus yang cukup berat, ayam mengalami hambatan dalam pertumbuhan seperti penurunan berat badan. Ayam akan terlihat lebih kurus, pucat, dan kadang-kadang mengalami diare yang mengeluarkan darah.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Heat Stress pada Ayam

Pengobatan dilakukan sebelum cacing mengalami kematangan dalam waktu 35 hari. Oleh karena itu, pemberian bawang putih sudah bisa dilakukan sejak ayam berumur 30 hari sebagai tindakan pencegahan. Setelah itu, diberikan kembali saat berselang 30 hari kemudian.

 


loading...