Bawor, Durian Lokal Unggulan Berdaging Besar dan Manis

Pertanianku Durian bawor berasal dari Banyumas, Jawa Tengah dan sudah menjadi salah satu durian lokal unggulan. Bobot buahnya bisa mencapai 6—7 kg per butir, bahkan pohon durian bawor yang dirawat secara intensif mampu menghasilkan buah seberat 12 kg.

durian bawor
foto: Pertanianku

Nama bawor diambil dari kata ‘batang yang diowor-owor’ atau batang yang dicampur-campur. Hal ini dikarenakan batang akar tanaman bercabang, ada tanaman yang terdiri atas 3 akar batang, ada juga yang terdiri atas 3 batang. Banyaknya akar batang bergantung pada proses penyilangan beberapa varietas di dalam satu pohon.

Daging buah durian ini terkenal tebal, berwarna oranye, rasanya manis, serta berbiji kecil. Rasa bawor sangat berbeda dari jenis-jenis durian lokal pada umumnya. Rasanya legit, manis, dan ada sedikit rasa pahit.

Bawor juga sudah menjadi salah satu ciri khas dari Kota Banyumas. Pengunjung yang berkunjung ke daerah tersebut sebaiknya mencicipi buah durian lokal unggulan ini.

Durian kebanggaan warga Banyumas ini cukup mudah dibudidayakan. Bawor bisa ditanam secara tumpang sari dengan tanaman lain untuk menambah pendapatan pekebun sembari menunggu pohon durian panen. Selain itu, penanaman secara tumpang sari dapat membantu petani menghemat pupuk. Hal ini karena pupuk untuk tanaman tumpang sari seperti jagung dan papaya, bisa juga untuk durian.

Durian bawor bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang sedang ingin menanam durian. Buahnya berukuran besar seperti durian monthong dengan karakter dan warna daging yang lebih bagus daripada monthong.

Bawor sudah bisa berbuah untuk pertama kali di usia 3 tahun. Dalam satu tahun, tanaman mampu berbuah sebanyak tiga kali.

Bawor bisa ditanam di daerah dengan iklim curah hujan sekitar 3.000—3.500 mm/tahun atau minimal 1.500 mm/tahun. Pastikan curah hujan merata dan memiliki bulan kering selama 1—2 bulan. Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan sekitar 60—80 persen dan suhu udara sekitar 20—30°C.

Baca Juga:  Cara Memperbanyak Tanaman Semangka

Agar mendapatkan durian bawor yang berbuah lebat, pastikan Anda menggunakan bibit durian bawor berkualitas yang diperoleh dari toko tanaman tepercaya, seperti Toko Trubus. Selain bibit durian bawor, Toko Trubus menyediakan beragam bibit durian unggul lainnya dan berbagai keperluan berkebun. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.