Beberapa Khasiat Daun Ciplukan

Pertanianku – Ciplukan merupakan jenis tanaman semak atau tanaman liar yang sangat mudah tumbuh di tanah kosong. Daerah yang sangat di sukai oleh tanaman ini yaitu pinggir kali atau sungai, area kebun dan mampu hidup di area ketinggian sekitar 1500 dari permukaan laut. Tanaman ini berkhasiat menjadi obat herbal mulai dari akar daun hingga buah.

Beberapa Khasiat Daun Ciplukan

Daun ciplukan memiliki rasa yang pahit dan sifatnya menyejukkan. Tanaman ini memiliki kandungan kimiawai seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Khasiat daun ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, juga elaidic acid. Semua zat kimia yang terkandung dalam tanaman ciplukan ini dipercaya mampu  menyembuhkan berbagai penyakit.

Loading...

Beberapa khasiat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh juga sebagai obat herbal alami.

  1. Khasiat daun ciplukan dapat mengobati diabetes caranya ambil beberapa lembar daun dan akar ciplukan kemudian layukan setelah itu cuci bersih dan rebuslah daun dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian di saring minum sehari sekali atau 2 kali pada pagi dan sore hari.
  1. Khasiat daun ciplukan dapat mengobati influenza cara pengolahannya ambil satu pohon ciplukan kemudian layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian di saring minum sehari 3 kali pada pagi, siang dan sore hari.
  1. Khasiat daun ciplukan dapat mengobati sakit tenggorokan cara pengolahannya ambil satu pohon ciplukan kemudian layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian disaring minum sehari sekali.
  1. Daun ciplukan dapat mengobati batuk cara pengolahannya ambil satu pohon ciplukan kemdian layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian di saring dan minum sehari sekali.
  1. Daun ini dapat mengobati sakit paru-paru cara pengolahannya ambil satu pohon ciplukan kemudian  layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian di saring minum 3 kali sehari pagi siang dan sore hari.
  1. Daun ini dapat mengatasi penyakit rematik cara pengolahannya adalah ambil satu pohon ciplukan kemudian layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian di saring minum sehari 3 kali pada pagi, siang dan sore.
  1. Khasiat daun ciplukan yang terakhir yaitu dapat menurunkan tekanan darah, dapat diolah dengan cara ambil daun ciplukan kemudian layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian disaring minum sehari 1 kali.
Baca Juga:  Khasiat Ginseng Jawa untuk Melancarkan ASI
Loading...
Loading...