Beberapa Sayuran ini Lebih Menyehatkan Jika Direbus


Pertanianku – Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta serat tersebut. Untuk mengonsumsi makanan yang sehat, Anda perlu memerhatikan cara pengolahannya. Anda pun tak boleh sembarangan dalam memasak bahan makanan yang menyehatkan.

Beberapa Sayuran ini Lebih Menyehatkan Jika Direbus

Ada beberapa jenis sayuran yang lebih baik jika dimasak dengan cara direbus atau dikukus dibanding dengan cara memasak lainnya. Dengan merebus atau mengukusnya, nutrisi, mineral dan vitamin dalam bahan makanan tersebut akan terserap maksimal oleh tubuh. Berikut beberapa jenis sayuran yang lebih menyehatkan jika diolah dengan cara direbus atau dikukus.

  • Wortel

Wortel adalah sayuran yang terkenal baik untuk kesehatan mata. Ternyata, pengolahan wortel akan lebih menyehatkan jika direbus. Kandungan vitamin dalam wortel akan lebih terjaga dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

  • Bayam

Sayuran hijau yang menjadi makanan kesukaan tokoh kartun Popeye ini sebaiknya kamu masak dengan cara merebusnya saja. Menurut beberapa penelitian, lebih baik kamu mengonsumsi bayam yang direbus karena lebih sehat daripada dimasak dengan cara yang lain.

  • Buncis

Beberapa orang menikmati masakan buncis yang diolah dengan cara ditumis. Namun, buncis lebih baik diolah dengan cara direbus. Saat Anda merebus buncis, kandungan nutrisi di dalamnya tidak akan terbuang percuma. Bagi penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi buncis secara rutin.

  • Brokoli

Jika ingin mendapatkan rasa yang nikmat dan tekstur yang pas, olah saja brokoli dengan cara direbus. Brokoli akan menjadi lebih empuk dan menjadi mudah untuk dikonsumsi dan nutrisinya pun akan lebih mudah dan cepat untuk diserap oleh tubuh.

  • Jagung manis

Jagung manis adalah makanan pengganti karbohidrat yang ternyata mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengolah jagung manis akan lebih baik jika direbus atau dikukus untuk tetap menjaga kandungan nutrisinya.

  • Ubi jalar
Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti

Salah satu jenis umbi yang satu ini memang lebih nikmat jika disantap dengan hasil olahan rebus atau kukus. Rasanya akan lebih empuk dan mengandung lebih banyak nutrisi baik untuk tubuh Anda.

  • Kentang

Beberapa orang yang sedang melakukan diet lebih memilih mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Tak hanya itu, cara mengolahnya akan lebih baik jika direbus atau dikukus. Dengan cara ini, kandungan nutrisi kentang tetap terjaga.

loading...
loading...