Begini Aturan Pemberian Pakan Ikan Lele yang Benar


Pertanianku – Masyarakat banyak yang tertarik untuk menjalankan usaha budidaya ikan lele, mulai dari sebagai usaha sampingan hingga fokus menjadikannya usaha utama. Terbukti banyak pembudidaya yang telah sukses berkat ikan lele.

Keberhasilan budidaya ikan lele tidak terlepas dari manajemen pakan. Hal ini meliputi jenis pakan yang diberikan dan cara pemberian pakan. Berbagai merek pakan yang dijual di pasaran tidak menjamin kualitasnya selalu bagus.

Memelihara ikan lele tidak semudah membalikkan telapak tangan alias perlu keahlian khusus. Begitu juga hal yang terkait dengan pemberian pakan.

  • Pakan diberikan secara adlibitum atau ketika pakan habis selalu ditambahkan lagi. Kurang lebihnya 4—5 kali dalam sehari. Jika ikan lele masih kecil, Anda harus sering memberikan pakan. Waktu pemberian pakan, yakni pagi, siang, sore, dan malam hari.
  • Paling baik memberikan pakan pada sore dan malam karena lele merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Perhatikan baik-baik saat pemberian pakan. Kalau kelihatannya ikan sudah tidak bernafsu menyantap makanan, hentikan pemberiannya.
  • Anda tidak boleh terlambat dalam memberikan pakan. Kedua, untuk memberikan pakan utama, berikan terlebih dahulu pakan apung. Caranya, semprotkan air sedikit saja ke dalam pakan yang akan Anda berikan. Aduk merata dan diamkan selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, terbarkan pakan secara bertahap di kolam lele. Jangan tebarkan sekaligus karena Anda tidak akan bisa melihat seberapa doyan ikan lele terhadap pakan. Hentikan pemberian pakannya jika ikan sudah tampak kenyang.
  • Menjelang panen, berikan pakan utama yang tenggelam. Cara pemberiannya, tidak perlu disemprotkan air seperti halnya pakan apung. Cukup tebarkan pakan langsung pada satu titik hingga ikan terlihat sudah tidak berselera makan.
Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor
loading...
loading...