Begini Cara Ajak Anak untuk Mengenal Pertanian Sejak Dini

Pertanianku — Untuk membentuk karakter anak, tidak hanya melalui akademik atau pelajaran-pelajaran yang diterima di sekolah formal, anak juga harus mengenal pertanian sejak dini. Pasalnya, di era modern yang penuh dengan teknologi ini, edukasi pertanian pada anak sangat penting untuk mengajarkan bagaimana menghargai dan menyayangi alam, serta menghargai pekerjaan petani, nelayan, dan peternak.

mengenal pertanian sejak dini
Foto: City Farmer News

Selain itu, anak jadi tahu bagaimana cara melestarikan dan menjaga alam itu sendiri. Nah, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan anak pada pertanian, berikut ini beberapa di antaranya.

Mengajak liburan ke agrowisata


Loading...

Ketika memasuki musim liburan, biasanya orangtua ingin mengajak keluarganya berwisata. Nah, tidak ada salahnya untuk mulai melakukan liburan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat mengedukasi anak-anak, yakni dengan berkunjung ke agrowisata.

Agrowisata memadukan antara pariwisata dan pertanian sehingga tidak hanya berwisata, pengunjung juga dapat merasakan serta mempelajari bidang pertanian sekaligus. Beberapa agrowisata bahkan menghadirkan beberapa komoditas tanaman yang dibudidayakan, juga menggabungkan peternakan dan perikanan.

Manfaatkan teknologi smartphone

Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, tidak ada salahnya memanfaatkan perangkat smartphone untuk mengenalkan anak pada pertanian. Anak bisa diajak untuk bermain game Harvestmoon.

Tokoh utama yang dimainkan dalam game tersebut harus melakukan berbagai pekerjaan seperti bertani, beternak, memancing, dan sebagainya untuk bertahan hidup. Selain menghibur, permainan itu juga mengedukasi anak-anak mengenai pertanian serta merasakan menjadi petani dan peternak.

Selain itu, beberapa aplikasi permainan tentang pertanian dan peternakan lainnya antara lain Animal Farm for Kids, Farm for Kids, dan lainnya cukup banyak tersedia di playstore. Tentunya diperlukan bimbingan dan pengawasan orangtua selama bermain.

Praktik budidaya langsung di rumah

Baca Juga:  Berkebun di Perkotaan Juga Bisa Gunakan Wadah Ini

Kegiatan paling mudah dan menyenangkan untuk mengenalkan pertanian pada anak adalah melalui praktik langsung di rumah. Lakukan kegiatan cocok tanam dengan cara yang paling mudah, misalnya langsung menanam di pekarangan rumah atau menggunakan polibag dan media tanam yang ada di sekitar rumah.

Manfaatkan juga barang bekas yang ada, misalnya kaleng biskuit atau botol plastik bekas, kemudian diisi media tanam. Media tanam dapat di beli di toko pertanian apabila ketersediaan media tanam di rumah sangat minim.

Kegiatan menanam langsung seperti ini akan mengajarkan banyak hal serta membentuk karakter penting pada anak mulai dari kedisiplinan, kesabaran, hingga bagaimana kerja keras dapat menghasilkan sesuatu yang diharapkan.

Loading...
Loading...