Begini Cara Ikan Piranha Mengelabui Musuh


Pertanianku – Seperti yang diketahui, ikan piranha menjadi salah satu momok bagi manusia. Meskipun bertubuh kecil, ikan piranha memiliki gigi yang sangat tajam. Bahkan, ikan ini juga terkenal sebagai hewan karnivora (mengonsumsi daging).

Foto: pixabay

Tahukah Anda, sebenarnya ikan piranha lebih senang mengeluarkan suara gonggongan daripada menggigit mangsanya?

Para ilmuwan baru-baru ini telah menemukan bahwa ikan menakutkan tersebut ternyata lebih sering menggunakan suara untuk berkomunikasi dan kerap digunakan untuk mengintimidasi lawannya ketimbang menyerangnya.

Para ilmuwan merekam suara ikan piranha yang saling berhadapan dengan menggunakan mikrofon bawah air. Mereka melaporkan temuannya tersebut ke dalam Journal Experimental Biology.

Dalam jurnal tersebut dikatakan terdapat tiga suara yang berhasil mereka rekam dan ketiganya memiliki pesan yang berbeda. Kepala Tim Penelitian ini, Eric Parmentier dari Universitas Liege, Belgia, telah mempelajari suara dan cara berkomunikasi berbagai jenis ikan.

Dia sebelumnya telah mengetahui jika piranha juga mengeluarkan suara namun dia ingin memahami makna suara tersebut. Tiga suara pertama kata Parmentier terdengar seperti gonggongan dan dikeluarkan ketika mereka saling berhadapan namun tidak berkelahi. Sementara, suara kedua terdengar seperti pukulan perkusi pada drum.

Suara ini dikeluarkan ketika mereka saling berkejaran. Sementara, suara ketiga yang terdengar seperti suara serak yang lembut dan dikeluarkan ketika mereka saling menggigit. Lebih lanjut Eric mengatakan kebanyakan ikan piranha ini berenang dan tidak banyak mengeluarkan suara.

“Bagi hewan, lebih baik mengeluarkan suara yang ribut dan membuat lawannya terkesima ketimbang harus berkelahi dan pilihan diambil juga karena lebih sedikit mengeluarkan energi,” ungkap Parmentier.

Sama halnya seperti ikan lainnya, piranha juga mengeluarkan suara berisik. Mereka menghasilkan suara dengan menggetarkan kantung renang mereka yang membantu mengatur daya apung ikan tersebut.

Baca Juga:  Anjing Ternyata Lebih Ekspresif Ketika Dekat dengan Manusia
loading...
loading...