Begini Cara Kerja Ampas Kopi untuk Suburkan Tanaman

Pertanianku – Mengonsumsi kopi merupakan sebuah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta kopi. Biasanya setelah meminum kopi Anda akan langsung membuang ampasnya bukan?! Namun, tahukah Anda bahwa ampas kopi ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Ampas kopi ternyata mengandung banyak nitrogen, fosfor, dan potasium (NPK) yang sangat dibutuhkan tanaman.

Data yang dirilis oleh Soil and Plant Laboratory Inc, California, Amerika Serikat menunjukkan, ampas kopi sangat baik untuk pupuk tanaman. Tebarkan ampas kopi di sekitar perakaran tanaman atau sayuran di pot maka tanaman akan tumbuh lebih subur.

Ampas kopi adalah salah satu komposisi hijau bahan organik. Ampas kopi mengandung nitrogen alami yang bermanfaat untuk membantu bakteri menghancurkan sisa bahan-bahan organik untuk dijadikan kompos. Cindy Lane, seorang spesialis kompos dari Oregon State University mengungkapkan bahwa ampas kopi mampu meningkatkan temperatur di dalam komposter.

Temperatur yang tinggi inilah yang kemudian dapat membunuh bakteri serta patogen di dalam bahan-bahan organik. Hal senada juga diungkapkan oleh Jack Hannigan, yang mengatakan bahwa ampas kopi di dalam komposter juga mampu menghancurkan biji-biji rerumputan yang sering mengganggu tanaman.

Sementara itu, penelitian lain membuktikan ampas kopi merupakan salah satu makanan favorit cacing tanah sehingga cocok sekali untuk membuat pupuk dengan metode vermicompost. Jadi, perpaduan ampas kopi dan cacing secara otomatis akan memperbaiki struktur tanah.

loading...
loading...