Begini Cara Masak Zukini, Sayuran Buah Khas Eropa

Pertanianku — Tidak banyak yang tahu cara memasak zukini yang baik dan benar. Sayuran buah ini memang bukan berasal dari Indonesia. Penggunaannya dalam sehari-hari pun sangat terbatas. Namun, gizi yang terkandung di dalamnya baik bagi kesehatan. Berikut ini cara memasak zukini secara sederhana yang dapat Anda coba di rumah.

cara memasak zukini
Foto: freepik

Di negara-negara Eropa, zukini populer sebagai sayuran yang diolah dalam bentuk berbagai masakan. Buah ini berwarna kuning atau hijau, berbentuk lonjong seperti botol. Sekilas, zukini hampir mirip dengan buah mentimun.

Zukini mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan ini meliputi anti-oksidan, vitamin C, vitamin A, dan sebagainya. Pengolahan zukini lumrah dilakukan karena sayuran buah ini sangat jarang dikonsumsi dalam keadaan segar tanpa diolah.
Di Indonesia, zukini terkenal sebagai salah satu bahan yang baik bagi pembuatan MPASI.

Loading...

Zukini dimanfaatkan sebagai makanan pendamping dengan cara dibuat puree. Kandungan air dalam buah ini cukup tinggi. Rasanya yang nikmat juga disukai oleh anak-anak.

Cara memasak zukini cukup mudah. Langkah pertama adalah merebus buah zukini terlebih dahulu. Kemudian, haluskan zukini dengan blender hingga menjadi puree. Karena rasanya yang enak, zukini juga membantu si kecil doyan makan sayur sejak dini.

Bagi orang dewasa, zukini dapat diolah menjadi camilan yang enak dan menyehatkan. Keripik atau chips dari zukini menjadi solusi olahan rumahan yang mudah dan lezat. Cara membuatnya pun mudah, yaitu dengan mengiris tipis buah zukini, kemudian dicuci bersih dan ditiriskan. Campur zukini dengan bumbu dan goreng hingga kering.

Keripik zukini menjadi alternatif jika Anda bosan dengan keripik singkong atau keripik pisang. Camilan ini sedap disantap saat beraktivitas ataupun mengisi waktu luang.

Baca Juga:  Resep Pizza dan Burger dari Jamur Tiram

Anda juga dapat mengolah zukini menjadi olahan sarapan yang nikmat. Pertama, cuci zukini dan iris tipis. Campurkan zukini dengan adonan pancake yang berisi tepung pancake dan telur. Aduk rata. Cetak pancake zukini di atas penggorengan yang suah diberi mentega.

Jika sudah matang, sajikan dengan keju parut atau side dish lainnya. Sarapan ini sangat cocok bagi Anda yang bosan mengonsumsi pancake dengan bahan yang itu-itu saja.

Loading...
Loading...