Begini Cara Memilih Avokad yang Matang, Jangan Sampai Keliru

Pertanianku — Ada beberapa cara memilih avokad yang sudah matang. Avokad sendiri biasa dijual dengan kematangan yang berbeda-beda. Avokad yang belum terlalu matang biasanya diminati untuk disimpan lebih lama. Sementara, jika ingin langsung dikonsumsi, Anda bisa memilih avokad yang sudah matang dengan ciri-ciri berikut.

cara memilih avokad
Foto: freepik

Warna kulit

Avokad yang sudah matang bisa dilihat dari warna kulitnya. Semakin matang, warna kulit avokad akan berwarna semakin gelap. Sebaiknya, pilih avokad dengan warna keunguan cerah dan masih mengilap.

Loading...

Warna keunguan yang kusam menandakan avokad sudah lewat matang. Hindari melakukan pembelahan pada buah avokad yang belum matang karena bisa merusak proses pematangan itu sendiri.

Sebaliknya, hindari pula memilih avokad dengan warna kulit yang masih berwarna hijau cerah. Buah avokad yang seperti ini biasanya masih belum masak dan belum mengalami pemeraman.

Tekstur buah

Tekstur buah avokad yang sudah matang cenderung lebih lunak. Namun, kelunakannya tidak sampai ‘benyek’. Cara mengetahuinya dengan meremas avokad secara perlahan menggunakan seluruh telapak tangan. Cara seperti ini lebih efektif daripada memeriksa dengan menekan menggunakan satu jari dan juga bisa mencegah kerusakan pada buah avokad.

Tangkai buah

Kematangan buah juga bisa dilihat dari bagian tangkai buah avokad. Buah avokad umumnya dipanen dan menyisakan bagian tangkainya. Petik bagian tangkai tersebut sehingga terlihat cekungan yang langsung menunjukkan kematangan buah.

Jika cekungan tersebut masih berwarna cokelat muda, berarti buah avokad belum matang. Warnanya akan berubah menjadi hijau ketika buah avokad sudah matang sempurna. Warna cekungan ini akan menggelap menjadi cokelat gelap atau hitam jika sudah terlalu matang.

Biji buah

Bagian dalam buah avokad, yakni biji buah, akan terlepas dari daging buah ketika avokad sudah benar-benar matang. Biji buah avokad ini bisa menjadi tanda yang paling mudah dipraktikkan.

Baca Juga:  Terapi Jus Buah untuk Menghindari Kanker

Pilih avokad, goyangkan buah tersebut. Jika terdengar biji buah di dalamnya sudah bergerak terlepas, buah tersebut sudah matang. Namun jika belum, buah avokad tersebut belum matang. Selain itu, buah yang sudah matang juga akan lebih ringan ketimbang buah yang masih mentah ketika diangkat.

Loading...
Loading...